Beranda News Relokasi Desa Pepelah Butuh Dana Puluhan Miliar

Relokasi Desa Pepelah Butuh Dana Puluhan Miliar

0
Kepala BPBD Gayo Lues Suhaidi @Anuar Syahadat

BLANGKEJEREN – Relokasi desa Pepelah, Kecamatan Pining, Kabupaten Gayo Lues ke daerah yang lebih aman, membutuhan dana puluhan miliar rupiah. Warga desa tersebut kini mengungsi setelah terjadi longsoran minggu lalu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gayo Lues, Suhaidi, Selasa 26 Januari 2021, mengatakan masyarakat tetap disarankan berada di tenda pengungsian selama itensitas hujan tinggi. Meski demikian, mereka dibolehkan mengunjungi rumah masing-masing atau bekerja di kebun pada siang hari.

“Memang warga desa Pepelah meminta agar direlokasi, dan kami akan menyampaikan secara detail kepada bupati terkait bencana alam ini. Bupati juga sudah tahu kalau warga Pepelah minta di relokasi,” jelas Suhaidi.

Suhaidi menambahkan, relokasi 40 keluarga (167 jiwa) ke tempat yang lebih aman membutuhkan dana puluhan miliar, sementara anggaran daerah tidak mencukupi. Alasannya, jika harus direlokasi, maka 40 rumah harus dibangun, masjid, sekolah, gedung Pustu atau Puskesdes, jalan setapak, dan harus mencari lahan baru yang aman.

Tapi kat Suhaidi, untuk memenuhi permintaan masyarakat, awal bulan Februari 2021 ini pihak BPBD akan membuat surat permohonan, meminta rekom dari Pemerintah Aceh dan menyerahkan ke Pemerintah Pusat, jika disetujui, maka akan dilakukan relokasi.

“Untuk sementara, kami dari BPBD menghimbau kepada warga Pepelah dan masyarakat Gayo Lues agar tetap waspada terhadap bencana alam longsor dan banjir bandang,” imbaunya.[]

.

Tinggalkan Balasan