Beranda Olahraga Danrem Lilawangsa Serahkan Kuda Pejantan ‘Leonardo’ New Zealand kepada Aceh Tengah

Danrem Lilawangsa Serahkan Kuda Pejantan ‘Leonardo’ New Zealand kepada Aceh Tengah

0
TAKENGON – Danrem 011/Lilawangsa, Kolonel Inf. Sumirating Baskoro, menyerahkan seekor kuda pejantan jenis Thb (Thoroughbred) New Zealand kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah.

Kuda bernama Leonardo ini pemberian sahabat Sumirating Baskoro, Iman Hartono, Bendahara Umum Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi), yang dihibahkan untuk kemajuan olahraga berkuda di Aceh Tengah.

Penyerahan hibah ini diterima Bupati Aceh Tengah, Shabella Abubakar, di Arena Pacuan Kuda Kampung Blang Bebangka, Kecamatan Pegasing, Aceh Tengah, Ahad, 31 Januari 2021.

Danrem Baskoro mengatakan kuda tersebut akan dirawat Irmi Bukit, peternak kuda yang juga aktif di Pordasi Aceh Tengah. Para peternak kuda lokal yang ingin mengembangkan keturunan kudanya dapat memanfaatkan kuda pejantan tersebut.

Bupati Aceh Tengah, Shabella Abubakar, berharap kuda pejantan yang diserahkan Danrem Lilawangsa itu bisa menghasilkan keturunan bagus, sehingga akan membantu kemajuan olahraga berkuda di Aceh Tengah. Menurut Shabella, pihaknya juga pernah mendatangkan kuda pejantan dari Australia untuk memberikan keturunan berkualitas.

Sebagaimana diketahui, di dataran tinggi Gayo, kuda digunakan untuk lomba pacuan atau dikenal dengan sebutan “Pacu Kude”.

“Ke depan Kabupatan Aceh Tengah akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional yang salah satu cabangnya adalah berkuda. Ini peluang, kami berharap bisa jadi tuan rumah yang baik,” ujar Shabella

Hadir pada acara penyerahan kuda tersebut, Dandim 0106/Ateng Letkol Inf. Teddy Sofyan, Kasi Intel Korem 011/LW Letkol Caj. Sadikin Bintang, Reje Blang Bebangka, M. Arip, para penggiat kuda dan masyarakat setempat.[](*)

Tinggalkan Balasan