27.6 C
Banda Aceh
Selasa, April 20, 2021

Politeknik Negeri Lhokseumawe dan PHE Cetak Talenta Digital Berlisensi Nasional

BERITA DAERAH

LHOKSEUMAWE – Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) bekerja sama dengan PT Pertamina Hulu Energi (PHE) NSB & NSO mencetak talenta digital melalui Pelatihan dan Sertifikasi Digital “Junior Graphic Designer”. Pelatihan tersebut telah dilaksanakan pada pengujung November hingga pertengahan Desember 2020 di Laboratorium TIK PNL. Penutupan pelatihan sekaligus penyerahan sertifikat dilaksanakan di Aula Lantai III Gedung Utama Kamus PNL, Selasa, 6 April 2021.

Acara tersebut dihadiri Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf, Kepala Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo Medan Drs. Irbar Samekto, M.Si., Direktur PNL Rizal Syahyadi, S.T., M.Eng.Sc., Field APO Manager PT PHE NSB & NSO Dirasani Thaib, Asisten II Sekda Lhokseumawe Dr. Ir. Tgk. H. Anwar, S.T., M.T.

Ketua panitia pelaksana, Muhammad Hatta, mengatakan pelatihan dan sertifikasi digital ini diikuti 20 peserta (putra dan putri) dari 10 kecamatan di sekitar PHE NSB NSO. Yakni, Kecamatan Syamtalira Aron, Tanah Luas, Nibong, Matangkuli, Langkahan, Tanah Jambo Aye, Lapang, Tanah Pasir, Samudera, Kabupaten Aceh Utara, dan Muara Satu, Kota Lhokseumawe.

“Tujuan pelatihan ini adalah untuk mencetak talenta atau SDM level teknisi yang mumpuni di bidang desain grafis yang bermuara pada pengurangan angka pengangguran,” ujar Muhammad Hatta yang juga Koordinator Humas dan Kerja Sama PNL.

Bung Hatta menyebut pelatihan tersebut dilaksanakan sejak 23 November hingga 16 Desember 2020 selama 72 jam pertemuan tatap muka di Laboratorium TIK PNL. Pelatihan ini mengikuti dan mengadopsi dari Program Digital Talent Schoolarship (DTS) Vocational School Graduate Academy (VSGA) Kementerian Kominfo yang sudah dijalankan sejak tahun 2019, dan salah satu penyelenggaranya adalah PNL.

“Dari 20 peserta yang mengikuti pelatihan ini, sebanyak 18 peserta mampu menyelesaikan tepat waktu dan dinyatakan kompeten oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P3 berlisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Republik Indonesia,” tutur Bung Hatta.

Direktur PNL Rizal Syahyadi mengatakan sertifikat berlinsensi BNSP sudah diterima atau diakui di seluruh negara Asia Tenggara dan Australia. “Jadi, bagi peserta yang telah lulus itu mereka dapat bekerja di mana saja di Indonesia dan luar negeri, Negara Asean. Karena mereka memang dipersiapkan untuk dapat berdaya saing global,” kata Rizal Syahyadi kepada para wartawan usai penutupan pelatihan tersebut.

Rizal berharap ke depan pelatihan itu dapat berlanjut dan ditingkatkan dari junior menjadi senior. PNL juga akan membuka pelatihan skema lainnya yang bisa diikuti masyarakat terutama di wilayah kerja PT PHE dan perusahaan besar lainnya.

“Karena yang menggerakkan roda ekonomi di tengah pandemi Covid-19 ini adalah yang berbasis IT. Tentunya (yang punya keahlian di bidang IT) mendapat peluang kerja dan bisa mandiri, berwiraswasta maupun berperan aktif di tengah masyarakat, terutama golongan ekonomi kecil dan menengah,” tutur Rizal Syahyadi.

Sebelumnya, Rizal Syahyadi dalam pidatonya pada acara penutupan pelatihan tersebut mengatakan saat ini kita sedang memasuki era revolusi industri 4.0. Di mana dunia telah bermigrasi dan bertransformasi dari dunia fisik ke dunia digital.

“Kita harus terus mempersiapkan diri dalam upaya menjalani migrasi digital. Pelatihan semacam ini menjadi jawaban terhadap kebutuhan di masa kini dan masa mendatang, dimana semua sudah dilakukan secara digital. Kami PNL siap diajak bekerja sama dengan pihak manapun untuk mendidik anak negeri,” ujar Rizal Syahyadi seraya mengucapkan terima kasih kepada Manajemen PHE NSB NSO yang telah mempercayakan PNL sebagai mitra penyelenggara pelatihan menggunakan dana CSR.

Kepala Balai Besar Pengembangan SDM & Penelitian Kominfo Medan Irbar Sumekto mengatakan permasalahan digital menjadi fokus utama Kementerian Kominfo, khususnya dalam pengembangan ekonomi digital. “Hal ini sesuai target pemerintah, supaya Indonesia menjadi lima besar kekuatan ekonomi dunia pada tahun 2030 mendatang,” kata Irbar.

Irbar menyebut junior graphic designer adalah salah satu bentuk pelatihan okupasi sudah lama dijalankan Kementerian Kominfo dan berlisensi nasional, yang merupakan salah satu kompetensi di bidang multimedia.

“Saat ini banyak sekali peluang kerja di bidang digital. Saat ini orang berbisnis dan bagaimana bisa melihat peluang dalam desain grafis ini. Kementerian Kominfo selalu mendukung, karena berprinsip, semakin unggul SDM maka pembangunan Indonesia semakin cepat,” ujarnya.

Field APO Manager PHE NSB NSO Dirasani Thaib mengatakan kegiatan tersebut bentuk komitmen pihaknya membantu masyarakat lingkungan perusahaan. “Kami berharap, pelatihan yang kami buat ini bisa bermanfaat buat peserta. Insya Allah, kita akan buat lebih baik lagi. Jadi, ini penutupan acara tempo hari, bukan penutupan selamanya. Kegiatan serupa mudah-mudahan bisa berlanjut ke depan. Kemudian kepada peserta harus bisa mengimplementasi skill dan keahliannya,” kata Dirasani Thaib.

Wabup Aceh Utara Fauzi Yusuf berharap kegiatan tersebut terus dilaksanakan untuk memberikan peluang kepada pemuda Aceh Utara, baik dalam peningkatan kapasitas SDM di bidang digital maupun bidang lainnya.

“Pelatihan dan sertifikasi digital ini sangat penting, karena saat ini cukup banyak dibutuhkan talenta atau SDM level teknisi dalam bidang graphic designer. Mudah-mudahan para peserta yang sudah mengikuti pelatihan ini dapat mengembangkan lagi skill dan kompetensinya,” tutur Fauzi Yuusf dalam sambutannya.

Wali Kota Lhokseumawe diwakili Asisten II Sekda Tgk. Anwar, menyebut ilmu diperoleh para peserta dari pelatihan tersebut sangat penting dan bermanfaat kepada masyarakat. “Hampir semua sektor bisnis dalam beriklan menggunakan jasa desain. Untuk menciptakan hasil karya yang bagus, bukan hal yang mudah, apalagi jika tak memiliki latar belakang pendidikan,” ujar Tgk. Anwar.

Salah seorang peserta pelatihan yang dinyatakan kompoten, Mahyuni dari Kecamatan Tanah Pasir, mengaku kegiatan tersebut sangat bermanfaat dan ia merasa puas. “Pelatihan ini sangat bermanfaat, saya bisa mengembangkan skill. Mudah-mudahan ke depan slot pesertanya bisa ditambahkan,” ucapnya. [](*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

BERITA POPULER

Berita Rekomendasi

Terbaru

Bazar Perpena, 100 Persen Keuntungan Disalurkan kepada Warga Kurang Mampu

SUBULUSSALAM - Ketua Persatuan Pemuda Penanggalan (Perpena) Kota Subulussalam, R Hidayat Putra Manurung mengatakan...

Pegawai Kejaksaan Gayo Lues Teken Komitmen Wilayah Bebas Korupsi

BLANGKEJEREN - Pegawai Kejaksaan Negeri Kabupaten Gayo Lues melakukan penandatanganan komitmen bersama untuk mewujudkan...

Keuchik Diminta Pahami Permendes Terkait Penggunaan Dana Desa

BANDUNG – Para kepala desa (keuchik) diminta untuk memahami Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah...

[Cerita Bersambung] KAPTEN LET PANDE: Episode 5

KAPTEN LET PANDE Episode 4 - Cerita Bersambung - Novel Serial Karya: Thayeb Loh Angen Dari atas...

Perkemahan Penghafal Alquran di Masjid Agung Islamic Center Lhokseumawe Dibuka

LHOKSEUMAWE - Perkemahan Tahfidz Gerakan Pemuda Rihlah Shaum (PETA GPRS) ke-5 dan Daurah Ramadhan...

Pimpinan DPRK Surati Bupati, Kisruh Penetapan Komisioner Baitul Mal Gayo Lues Berakhir

BLANGKEJEREN - Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Gayo Lues sudah melayangkan surat kepada...

Polisi Buru Tersangka Penganiayaan Ibu Rumah Tangga di Dewantara

ACEH UTARA - Polsek Dewantara, Aceh Utara, memburu pria berinisial D (24), diduga melakukan...

Ikamat Harap Dukungan Pemerintah Aceh

ISTANBUL - Pengurus Ikatan Masyarakat Aceh - Turki (Ikamat) menyampaikan apresiasi dan terima kasih...

Rintihan Putri Kamaliah, Putri Pahang dibalik Puing-Puing Kehilangan

Karya: Jamaluddin Peminat Sastra, Lhokseumawe. Perhiasan ini telah berdebu Rinduku takkan pernah lekang Apa yang telah terjadi Duhai Pemilik...

Rapat IPAL di Kantor Ombudsman Aceh, Ini Pandangan Mapesa

BANDA ACEH - Ombudsman RI Perwakilan Aceh melaksanakan rapat tentang Instalasi Pembuangan Air Limbah...

Kereta dan Kota Emas Firaun Ditemukan, Tongkat Nabi Musa Dicari

Heboh penemuan Kota Emas berusia 3.000 tahun yang digadang-gadang peninggalan kerjaan Firaun melengkapi penemuan...

Anggota Dewan Gayo Lues ‘Dinonaktifkan’, Ini Surat Ketua DPRK

BLANGKEJEREN - Masyarakat Kabupaten Gayo Lues yang hendak berurusan atau menjumpai Anggota Dewan Perwakilan...

Operasi Senyap Kopassus Jalan Kaki Ratusan Km saat Puasa di Rimba Kalimantan

Puasa Ramadhan adalah salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh seluruh umat Islam. Selama...

Akhlak Calon Suami Antarkan Nadya Jadi Mualaf

Nadya Noviena, yang saat ini berusia 24 tahun, wanita yang baru saja memeluk Islam...

Bintang Borong Takjil Perpena, Bagikan kepada Abang Becak

SUBULUSSALAM - Lapak pedagang takjil menyediakan menu berbuka puasa milik  Persatuan Pemuda Penanggalan (Perpena)...

[Cerita Bersambung] KAPTEN LET PANDE: Episode 4

KAPTEN LET PANDE Episode 4 - Cerita Bersambung - Novel Serial Karya: Thayeb Loh Angen Setelah matahari...

Pemilik Tanah di Areal Waduk Keureuto Datangi BPN Aceh Utara Terkait Persoalan Ini

ACEH UTARA - Sejumlah pemilik tanah sah yang berada di Gampong Blang Pante, Kecamatan...

Perang Aceh-Portugis Dalam Lukisan Maestro Delsy Syamsumar

Memasuki ruang kontemporer Museum Aceh, Rabu, 14 April 2021 lalu, 28 lukisan dari para...

Putra Subulussalam ini Wakili Aceh jadi Anggota Paskibraka di Istana Negara

SUBULUSSALAM - Kota Subulussalam, patut berbangga hati, dua putra putri terbaik di Bumi Syekh...

Anak 8 Tahun Diculik di Prancis, Penyelamatannya Mirip Operasi Militer

Seorang anak perempuan delapan tahun asal Prancis diselamatkan di Swiss kemarin setelah lima hari...