BerandaSiapa Saja Bakal Calon Bupati/Wali Kota dari PA?

Siapa Saja Bakal Calon Bupati/Wali Kota dari PA?

Populer

BANDA ACEH – Partai Aceh (PA) di sejumlah kabupaten/kota dilaporkan telah mengusulkan nama pasangan bakal calon bupati/wali kota dan wakilnya yang akan diusung pada pilkada 2017. Nama-nama paslon itu diusulkan ke Dewan Pimpinan Aceh (DPA) PA atau PA Pusat.

“Yang sudah masuk (usulan) ke Sekretariat DPA (PA) ada dari Aceh Timur (Hasballah H. M. Thaib-Syahrul Bin Syamaun alias Rocky-Linud, sudah dideklarasikan oleh PA di Aceh Timur, 29 Februari 2016),” ujar Juru Bicara PA Pusat Suaidi Sulaiman alias Adi Laweung menjawab portalsatu.com lewat pesan BBM, Selasa, 1 Maret 2016. (Baca: Duet Rocky-Linud Dideklarasikan, Mualem: Ata Sot…)

Selain itu, Laweung melanjutkan, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PA yang sudah mengusulkan nama paslon kepala daerah dan wakilnya adalah Bener Meriah (koalisi Gerindra dengan PA), Sabang, Aceh Barat dan Nagan Raya. Akan tetapi, Laweung enggan menyebut nama-nama paslon usulan dari DPW PA empat kabupaten/kota itu lantaran belum dideklarasikan secara resmi.

Berdasarkan informasi diperoleh portalsatu.com, nama-nama paslon bupati/wali kota dan wakilnya yang diusulkan oleh DPW PA–di mana nama-nama itu sudah muncul di media belakangan ini—adalah Maryanto dan Tgk. Muhammad Amin (Bener Meriah), Nazaruddin alias Tgk. Agam dan Suradji (Sabang), H. M. Jamin Idham, S.E., dan Chalidin Usman (Nagan Raya), Ramli MS dan Banta Puteh Syam (Aceh Barat).

Ditanya soal batas waktu diberikan DPA PA kepada DPW PA yang belum mengusulkan nama paslon, Laweung mengatakan, “Kita berikan deadline secepatnya, karena waktu proses tahapan pilkada sudah sangat dekat”.

Sebelumnya, Laweung menyebut DPA PA memberikan hak kepada masing-masing DPW PA untuk menentukan calon bupati/wali kota dan wakilnya yang akan diusung pada pilkada 2017.

“Penentuan calon kepala daerah untuk kabupaten/kota telah diberikan hak kepada wilayah masing-masing (DPW PA), tentunya melalui penjaringan dan diputuskan dalam musyawarah wilayah. Pesertanya tentu dari seluruh kecamatan (sagoe) baik Komite Peralihan Aceh (KPA) sagoe maupun Dewan Pimpinan Sagoe (DPS PA),” ujarnya. (Baca: Bagaimana Penentuan Calon Bupati/Wali Kota dari Partai Aceh?)

Sementara itu, Bupati Pidie H. Sarjani Abdullah yang merupakan Ketua DPW PA setempat memastikan akan berpasangan dengan M. Iriawan, S.E., Wakil Bupati saat ini untuk maju kembali pada pilkada 2017.

“Kami akan maju kembali sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Pidie dalam pilkada 2017 dengan pasangan yang sama, yakni M. Iriawan, S.E., dan mohon dukungan dari masyarakat Pidie,” kata Sarjani, Selasa, 1 Maret 2016.

Menurut Sarjani, ia memilih Iriawan sebagai calon wakilnya pada pilkada mendatang, karena ada kesamaan dan singkron dalam menjalankan roda pemerintahan. “Kami dengan Pak Iriawan sangat cocok dan sangat harmonis selama ini, sehingga dalam menjalankan program pemerintahan berjalan tanpa kendala. Untuk itu kami sudah siap maju kembali untuk periode kedua, ” kata Sarjani kepada portalsatu.com. (Baca: Maju Kembali, Sarjani Pilih Sosok Ini untuk Pasangannya)

Wakil Ketua DPW PA Langsa, Syahman, 28 Februari 2016, mengatakan, kesepakatan di internal pengurus partai mengusulkan Iskandar untuk maju sebagai calon wali kota pada pilkada 2017.

Menurut Syahman,  PA Langsa telah mempertimbangkan dengan matang, sehingga berani mengusulkan Iskandar sebagai calon wali kota. Namun, PA Langsa juga tidak menutup peluang untuk tokoh-tokoh lain yang dianggap mampu membangun kota tersebut mencalonkan diri menjadi wali kota. Mereka turut membuka pendaftaran untuk kader KPA/PA Langsa yang ingin mendaftar.

“Pendaftaran dibuka sejak 28 sampai 5 Maret 2016 nanti di kantor sekretariat partai,” ujar Syahman. (Baca: PA Langsa Usulkan Iskandar Jadi Wali Kota)

Terkait bakal calon bupati Aceh Utara dan wali kota Lhokseumawe yang akan diusung PA, Ketua Umum Partai Aceh, H. Muzakir Manaf akrab disapa Mualem mengaku sejauh ini belum diputuskan. “Tapi persiapan sudah kita lakukan dan terus kita siapkan,” kata Mualem, 23 Februari 2016. (Baca: Ditanya Siapa Calon Kepala Daerah Aceh Utara dari PA, Ini Kata Mualem)[] (idg)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya