Jumat, Juni 21, 2024

Dua Jemaah Haji Asal...

BANDA ACEH - Dua Jemaah Haji asal Embarkasi Aceh meninggal dunia di Tanah...

Festival Ekonomi Kreatif Seribu...

BLANGKEJEREN - Festival Ekonomi Kreatif Seribu Buki tahun 2024 resmi dibuka Pj Bupati...

Kasat Lantas, Kasat Reskrim,...

LHOKSEUMAWE- Kapolres Lhokseumawe, AKBP Henki Ismanto, memimpin upacara serah terima jabatan Kasat Lantas,...

PLN Nusantara Power UP...

LHOKSEUMAWE - PT PLN Nusantara Power UP Arun merayakan Hari Raya Iduladha 1445...
Beranda10 Ribu Pelajar...

10 Ribu Pelajar Ikuti Festival Gerhana Matahari

MAKASSAR – Sekitar 10 ribu pelajar se-Kota Makassar akan memadati anjungan Pantai Losari mengikuti festival “Battu Ratema Ri Bulang” yang hanya dilakukan saat gerhana matahari.

“Jadi namanya festival 'Battu Rattema Ri Bulang'. Kita ingin mengedukasi pelajar Makassar untuk sama-sama belajar memahami fenomena alam yang sangat jarang terjadi ini,” ujar Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di Makassar, Rabu 2 Maret 2016.

Dia mengatakan, festival ini merupakan sebuah kegiatan unik bernuansa religius dengan pendidikan dan budaya yang akan di helat sekaitan hadirnya fenomena alam, gerhana matahari yang akan terjadi di langit Makassar pada hari Rabu pagi.

“Ini adalah pelajaran penting. Makanya kita akan gandeng beberapa pihak, termasuk ahli-ahli astronomi untuk hadir memberikan penjelasan kepada pelajar kita,” kata didampingi Kepala Dinas Kominfo Kota Makassar, Muhammad Ismounandar.

Dalam kegiatan ini, Danny — sapaan akrab wali kota — juga akan mengajak seluruh pelajar untuk shalat gerhana matahari secara akbar di Pantai Losari dan di masjid terapung.

“Gerhana matahari salah satu wujud kebesaran Allah yang ditunjukkan kepada kita manusia. Kita akan gelar shalat gerhana matahari akbar bersama ulama, termasuk ulama dari madinah,” lanjut Danny.

Nama Battu Rattema Ri Bulang (Saya sudah pernah ke bulan ) menurut Danny di ambil untuk mengingatkan kembali kepada setiap orang bahwa orang bugis Makassar sudah lama memimpikan manusia bisa sampai di bulan.

“Battu Rattema Ri Bulang adalah lagu yang sering dibawakan orang orang tua kita jauh sebelum Neil Amstrong menginjakkan kakinya di bulan. Ini menandakan orang Bugis Makassar sudah memiliki mimpi untuk bisa sampai ke bulan jauh sebelum orang barat melakukannya,” jelasnya.

Ini penting, lanjut dia, di ketahui generasi muda Makassae sebagai penyemangat untuk tidak kalah dengan negara maju lainnya dalam memikirkan masa depan yang lebih baik.[]Sumber: Antara/republika.co.id

Get notified whenever we post something new!

Continue reading

Dua Jemaah Haji Asal Aceh Meninggal di Arab Saudi, Total Tujuh Orang

BANDA ACEH - Dua Jemaah Haji asal Embarkasi Aceh meninggal dunia di Tanah Suci Arab Saudi, Kamis, 20 Juni 2024. Total sudah tujuh jemaah asal Aceh meninggal dunia.Marhani Binti Muhammad Taib (65), tergabung dalam Kelompok terbang (Kloter) BTJ-02 meninggal...

Festival Ekonomi Kreatif Seribu Bukit 2024 Resmi Dibuka, Penonton Padati TMMG

BLANGKEJEREN - Festival Ekonomi Kreatif Seribu Buki tahun 2024 resmi dibuka Pj Bupati Gayo Lues yang diwakili Asisten I dr. Nevi, festival yang bertema Bersama Menciptakan Inovasi dan Mempertahanankan Tradisi itu berlangsung di Taman Mini Gayo Indah (TMMG), Jumat,...

Kasat Lantas, Kasat Reskrim, Sejumlah Kapolsek di Lhokseumawe Diganti

LHOKSEUMAWE- Kapolres Lhokseumawe, AKBP Henki Ismanto, memimpin upacara serah terima jabatan Kasat Lantas, Kasat Reskrim, dan empat Kapolsek di lingkungan Kepolisian Resort (Polres) Lhokseumawe, dilaksanakan di lapangan Apel Satya Haprabu Polres setempat, Kamis, 20 Juni 2024.Sertijab itu dilakukan bagian...