BerandaBerita Pidie464 Napi Pidie Dapat Remisi HUT ke-78 RI

464 Napi Pidie Dapat Remisi HUT ke-78 RI

Populer

SIGLI – Sebanyak 464 narapidana (napi) di Kabupaten Pidie mendapatkan remisi pada HUT ke-78 Republik Indonesia, Kamis, 17 Agustsu 2023.

Para napi yang mendapatkan pemotongan masa pidana penjara merupakan penghuni dua Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan satu Rumah Tahanan (Rutan) di Kabupaten Pidie. Paling tinggi pengurangan masa tahanan enam bulan dan paling rendah sebulan.

Hal itu dikatakan Plt. Kepala Lapas Perempuan Kelas II B, Sigli, Muhidfuddin saat menyampaikan laporan kepada Pj. Bupati Pidie, Wahyudi Adisiswanto, dan Forkopimda Pidie pada acara penyerahan surat remisi umum kepada para warga binaan Lapas dan Rutan, dipusatkan di Lapas Perempuan Kelas II B, Gampong Tibang, Kecamatan Pidie, Kamis, 17 Agustus 2023.

Muhidfuddin menyebut dua Lapas dan satu Rutan di Pidie saat ini dihuni 634 warga binaan. Dari jumlah itu, sebanyak 464 naspi mendapatkan remisi HUT RI. Sementara 170 napi tidak memperoleh remisi dengan alasan mereka masih baru dan berstatus tahanan.

“Dari tiga tempat pembinaan, sebanyak 634 penghuni. Namun, yang mendapat remisi umum 464 penghuni,” kata Muhid.

Di Lapas Perempuan, dari 175 penghuni, 141 memperoleh remisi umum. Satu orang di ataranya diberikan remisi 6 bulan. Di Lapas Kota Bakti, dari 131 penghuni, 85 orang dapat remisi. Tiga di antaranya diberikan keringanan 6 bulan.

Di Rutan Kelas II B, Sigli, dari 338 penghuni saat ini, 228 diberikan pengurangan kurungan, hanya satu orang yang diberikan remisi tertinggi 6 bulan.

Pj. Bupati Pidie, Wahyudi Adisiswanto, meminta kepada penghuni Lapas dan Rutan agar berperilaku baik sebagai warga binaan. “Terus mendekatkan diri kepada Allah agar keselahan yang pernah dilakukan tidak akan terulang lagi”.

“Remisi umum yang diberikan merupakan perwujudan apresiasi negara atas pencapaian perbaikan diri warga negara binaan lembaga pemasyarakatan yang telah berhasil menunjukkan perubahan perilaku, memperbaiki kualitas dan meningkatkan potensi diri,” kata Wahyudi.[](Zamahsari)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya