BerandaAceh Selatan Bakal Bangun Cold Storage Berkapasitas 100 Ton

Aceh Selatan Bakal Bangun Cold Storage Berkapasitas 100 Ton

Populer

TAPAK TUAN – Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan akan membangun Cold Storage (ruangan penyimpanan ikan) berkapasitas 100 ton di kompleks Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Labuhanhaji, untuk meningkatkan perekonomian nelayan.

Bupati Aceh Selatan H T Sama Indra menyatakan kepastian rencana pembangunan proyek tersebut diperoleh dari Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2016 senilai Rp6 miliar.

Dia mengklaim terwujudnya program pembangunan Cold Storage di PPI Labuhanhaji tersebut tidak terlepas dari kerja keras pihaknya bersama Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Selatan dalam melobi anggaran sumber APBN 2016 ke pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan serta anggota Komisi IV DPR RI.

“Sebenarnya, ada beberapa sumber dana APBN 2016 lainnya yang diperkirakan bakal berhasil dibawa ke Aceh Selatan dalam 2016, namun yang telah ada kepastian anggarannya bakal turun adalah terkait rencana pembangunan Cold Strorage di komples PPI Labuhanhaji tersebut,” sebut Bupati kepada Antara, Aceh, Kamis (10/3/2016).

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Selatan Cut Yusminar APi menyatakan, proyek pembangunan Gedung Induk Cold Storage yang rencananya akan dibangun diatas lahan seluas 15 x 25 meter persegi (m) itu khusus digunakan menyimpan ikan segar hasil tangkapan nelayan.

Menurutnya, persoalan yang sering dikeluhkan para nelayan setempat selama ini adalah tidak adanya tempat penyimpanan ikan, sehingga berbagai jenis ikan hasil tangkapan mereka terpaksa harus segera dilepaskan ke pasaran dalam jangka waktu singkat, karena tidak ada tempat penyimpanan.

“Dengan telah adanya bangunan Cold Storage tersebut, ikan hasil tangkapan nelayan Aceh Selatan bisa disimpan dalam jangka waktu beberapa bulan dengan kondisi masih segar. Dengan demikian, ikan-ikan dalam jumlah banyak tersebut bisa langsung diekspor, tidak lagi harus dijual terlebih dulu ke agen pengumpul di Sumatera Utara,” papar Cut Yusminar.

Ia berharap adanya fasilitas penyimpanan ikan ditambah lagi perluasan dan pengerukan kolam pelabuhan termasuk peningkatan fasilitas dermaga di PPI Labuhanhaji tersebut dapat memajukan aktivitas para nelayan di wilayah itu, karena pelabuhan tersebut.

“Pemkab Aceh Selatan berharap adanya peningkatan pembangunan infrastruktur sektor kelautan dan perikanan, dapat meningkatkan pendapatan para nelayan sehingga kesejahteraan nelayan Aceh Selatan ke depannya bisa menjadi lebih baik,” jelas Cut Yusminar.[] sumber: metrotvnews.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya