Jumat, Juli 19, 2024

Inilah Struktur Lengkap Kepengurusan...

BANDA ACEH - Ketua Umum Majelis Syuriah Pengurus Besar Himpunan Ulama Dayah Aceh...

Samsul Azhar Dilantik sebagai...

BANDA ACEH - Pj. Gubernur Aceh, Bustami Hamzah, melantik Samsul Azhar sebagai Pj....

Ini Kata Camat Tanah...

ACEH UTARA - Pemerintah sedang melakukan pendataan bangunan yang rusak akibat diterjang badai...

JPU Tuntut Lima Terdakwa...

BANDA ACEH - Jaksa Penuntut Umum menuntut empat terdakwa perkara dugaan korupsi pada...
BerandaNewsAM GAM Kumpulkan...

AM GAM Kumpulkan Bukti Kasus Aset PT GLMP, Polisi Diminta Usut Tuntas

BLANGKEJEREN – Aliansi Mantan Kombatan Gerakan Aceh Merdeka (AM GAM) wilayah Kabupaten Gayo Lues sudah mengumpulkan bukti terkait aset PT Gayo Lues Mentalu Perkasa (PT GLMP) sejak didirikan tahun 2007 hingga 2020. Persoalan di tubuh PT GLMP dinilai telah merugikan keuangan negara, tidak bermanfaat untuk masyarakat dan diduga hanya menguntungkan oknum tertentu.

Pernyataan itu disampaikan Jakaria alias Jack Gayo, Ketua AM GAM didampinggi rekan-rekanya, Selasa, 27 April 2021, malam, di kediamanya saat menggelar konferensi pers. Dia menyebut ada beberapa aset yang diduga telah digelapkan oknum tertentu dan belum dikembalikan hingga sekarang, seperti alat berat dan mobil.

“Besok data-data ini akan kami serahkan kepada Polres Gayo Lues meskipun mungkin sebagian besar dari data ini telah dimiliki Polres Gayo Lues. Jadi kami dari AM GAM berharap kepada semua pihak agar mendukung polisi mengusut kasus ini,” katanya.

Berdasarkan data, kata Jack Gayo, anggaran yang diplot Pemerintah Daerah kepada Perusahaan Daerah Gayo Lues Mentalu (PD GLM) tahun 2007, hingga diubah nama menjadi PT GLMP mencapai Rp10,3 miliar. Anggaran itu untuk membeli aset tetap, alat berat, operasional, dan perawatan. “Dan yang sangat mengkhawatirkan tidak berpengaruh memperbaiki ekonomi masyarakat”.

“Kita menyerahkan data ini ke Polres dan meminta mengusutnya karena kita merupakan anak negeri, dan sangat khawatir dengan posisinya sekarang, anggaran besar tetapi gagal memberikan kontribusi untuk daerah. Kita selaku masyarakat berhak mengetahui apa sebenarnya yang terjadi, siapa yang mendapatkan keuntungan, dan berapa kerugian uang masyarakat akibat PT GLMP ini,” jelasnya.

Secara hati nurani, Jack Gayo bukan berniat inggin yang terlibat dalam penggelapan aset dan merugikan keuangan rakyat di tubuh PT GLMP itu dipenjara. Tetapi kalau memang telah melanggar hukum, maka harus ditindak sesuai peraturan berlaku.[]

Baca juga: