Rabu, Juli 24, 2024

Yayasan Geutanyoe Rayakan Hari...

LHOKSEUMAWE - Yayasan Geutanyoe merayakan Hari Anak Nasional tahun 2024 bersama 227 anak...

Hendry Ch Bangun Tanggapi...

JAKARTA - Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Hendry Ch Bangun menegaskan,...

Puluhan Personel Polres Aceh...

LHOKSUKON - Polres Aceh Utara melakukan tes narkoba melalui metode tes urine menggunakan...

Ini Kata Abu Razak...

BANDA ACEH – Venue atau tempat pelaksanaan pertandingan 33 cabang olahraga wilayah Aceh...
BerandaBerita Aceh UtaraAyah Ot Pimpin...

Ayah Ot Pimpin Forum CDOB Panton Labu

PANTON LABU – Teuku Otman alias Ayah Ot ditetapkan sebagai Ketua Forum Pemekaran Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) Kota Panton Labu. Pengukuhan pengurus baru CDOB Panton Labu dilakukan Sabtu sore, 3 April 2021 di Aula Kantor Camat Tanah Jambo Aye.

Ayah Ot usai pelantikan menjelaskan, pihaknya akan memperjuangkan Panton Labu menjadi kota otonom baru di Kabupaten Aceh Utara. Pihaknya optimis hal itu bisa diwujudkan karena Aceh Utara memiliki desa terbanyak yakni 852 desa, sehingga berpotensi untuk dimekarkan.

“Kami menargetkan bahwa Panton Labu akan segera terbentuk dan menjadi pemerintah kota baru di Aceh. Kami terus melakukan lobi- lobi. Prosedurnya kita ikuti dan lakukan. Nah mungkin di 2022, Insya Allah jadi,” jelasnya.

Ayah Ot  juga mengharapkan dukungan penuh dari tokoh dan warga CDOB Panton Labu serta pihak terkait lainnya. Ia meminta semua pihak untuk tetap selalu kompak dan bersatu.

Pelantikan itu juga dihadiri Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi. Usai pelantikan, Facrul Razi menjelaskan, Kota Panton Labu di Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara, memiliki peluang besar untuk dimekarkan menjadi daerah otonomi baru, karena secara fasilitas dan daya dukung geografis sudah memenuhi.

Alasan lainnya kata Razi, Kota Panton Labu lebih diprioritaskan karena perubahannya adalah kabupaten menjadi kota. Hal ini merupakan kenaikan status. Jadi lebih mudah dibentuk.

“Jadi, Kota Panton lebih berpeluang diprioritaskan, karena memang kondisinya itu bukan berarti mengurangi kabupaten, tapi memperkuat. Sifatnya naik status dari kabupaten menjadi kota dan Kota Panton Labu memenuhi syarat. Hari ini sudah kita verifikasi faktual,” jelasnya.

Pelatikan pengurus baru Forum CDOB Panton Labu dilakukan secara terbatas karena masih dalam suasana Covid-19. Pelantikan dilakukan dengan menjalankan protokol kesehatan. Peserta yang hadir merupakan perwakilan dari 5 kecamatan dalam wilayah CDOB Kota Panton Labu, di antaranya tokoh agama, tokoh masyarakat dan perwakilan forum keuchik, anggota DPRK dan DPRA serta tamu undangan lainnya.

Diketahui ada enam CDOB di Provinsi Aceh yang sedang ditangani Ketua Komite I DPD-RI, yakni Kabupaten Aceh Selatan Jaya, Kabupaten Selaut Besar, Kabupaten Aceh Raya, Kabupaten Aceh Malaka, Kota Meulaboh dan Kota Panton Labu.[](*)

Baca juga: