Jumat, Juli 19, 2024

Rekomendasi HUDA Berisi 22...

BANDA ACEH - Pengurus Besar Himpunan Ulama Dayah Aceh (PB HUDA) mengeluarkan rekomendasi...

Lebih 170 Bangunan Rusak...

ACEH UTARA - Sebanyak 173 bangunan dilaporkan rusak akibat diterjang badai (hujan deras...

Inilah Struktur Lengkap Kepengurusan...

BANDA ACEH - Ketua Umum Majelis Syuriah Pengurus Besar Himpunan Ulama Dayah Aceh...

Samsul Azhar Dilantik sebagai...

BANDA ACEH - Pj. Gubernur Aceh, Bustami Hamzah, melantik Samsul Azhar sebagai Pj....
BerandaDua Perempuan Paling...

Dua Perempuan Paling Berpengaruh di Partai Demokrat Aceh

BANDA ACEH – Banyak pihak yang ingin mengetahui bagaimana kiprah perempuan di Partai Demokrat Aceh. Dua nama yaitu Dr. Ir. Diah Erti Idawati, M.T dan Hj. Fitriah Ibnu Rusdi, A.Md, adalah dua sosok paling berpengaruh di partai berlambang bintang merci di  Aceh itu.

Mengangkat potensi perempuan di pedesaan, dan jaringan untuk perempuan pekerja dalam kaitan peningkatan ekonomi rakyat, merupakan kegiatan utama yang dijalankan Persaudaraan Perempuan Demokrat Aceh (PPDA), sebuah lembaga non politik yang dijalankan para istri politisi dari partai Demokrat.

“PPDA lahir dari keinginan untuk mendorong profesi suami, sekaligus ingin berkontribusi pada kemajuan perempuan Aceh,” kata Dr. Diah, yang tak lain adalah istri Ketua DPD Partai Demokrat Aceh Nova Iriansyah, selaku penggagas dan ketua PPDA saat berbincang, Minggu, 15 Mei 2016.

Dr. Diah merupakan dosen Arsitektur senior di Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Saat ini ia juga menjabat sebagai Ketua DPD Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Aceh.

Ia sangat peka pada persoalan perkotaan lantaran gelar Doktor yang diraihnya di University of Melbourne, Australia pada 2009 lalu menyangkut sistem perencanaan kota.  Terpanggil dan mengangkat persoalan perempuan lantaran gelar magisternya menyangkut perumahan dan permukiman manusia.

Sementara itu lembaga yang berperan secara politik di tubuh Partai Demokrat adalah lembaga yang mengangkat potensi perempuan Aceh dari segala bidang, termasuk ekonomi dan politik yaitu Perempuan Demokrat Republik Indonesia (PDRI). Organisasi ini dipimpin oleh Hj. Fitriah dan merupakan sayap Partai Demokrat.

Istri pengusaha dan Ketua Ikatan Motor Indonesia Aceh, H. Ibnu Rusdi, SH ini merupakan ketua PDRI yang pertama di Aceh.

“Misinya memberi kesejahteraan kepada rakyat Aceh, mendorong potensi perempuan, dan memenangkan Partai Demokrat. PDRI juga akan bekerja untuk mengembalikan kegemilangan Demokrat di Aceh,” kata Hj. Fitriah.

Hj. Fitriah merupakan alumni Universitas Islam Sumatera Utara (UISU). Jabatan di organisasi adalah sebagai Wakil Ketua Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Aceh.[](ihn)

Baca juga: