Minggu, Juli 14, 2024

Tanggapan Ketua DPRK Aceh...

ACEH UTARA - Mendagri Tito Karnavian memperpanjang masa jabatan Pj. Bupati Aceh Utara...

Selamat! 2 Siswa Kota...

SUBULUSSALAM - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Pengembangan Talenta...

Besok, Mahyuzar akan Terima...

ACEH UTARA - Dr. Mahyuzar, M.Si., akan menerima Surat Keputusan (SK) Mendagri tentang...

Jabatan Pj Bupati Aceh...

ACEH UTARA - Masa jabatan Penjabat Bupati Aceh Utara, Dr. Mahyuzar, genap satu...
Beranda''Eh, Maaf, Gak...

”Eh, Maaf, Gak Sengaja!”

Oleh Taufik Sentana*

Ada ada saja parodi negeri sebelah. Setelah lama mengerami kasus penyiraman Novel selaku  staf KPK, akhirnya ada putusan untuk pelaku penyiraman tersebut. Yaitu setahun penjara.

Selepas berita awal itu, banyak media online yang merilis kejadian biasa  dengan hukuman yang berat, setidaknya dua tahun untuk umpatan di medsos oleh Ahmad Dani, dan pemyiram artis biduwanita di suatu daerah dengan hukuman 12 tahun penjara.

Serta merta,  ringannya hukuman bagi pelaku kasus Novel ini menjadi viral di banyak lini media sosial.  Media sebesar Viva, Detik dan Republika pun mengangkat kejadian (luar biasa) di atas :hukumannya ringan karena dilakukan gak sengaja. Ini ironi atau parodi ya?

Lainnnya, ada tokoh sekaliber Cahyadi Takariawan, penulis dan konsultan keluarga, yang telah banyak menulis buku laris seputar parenting.

Ia pada lininya, meneruskan anekdot atau meme dengan karikatur yang bertuliskan, ” Eh, Maaf, Gak Sengaja”. Pada lini FBnya itu, meme tadi sudah dibagikan sebanyak 88 kali dalam waktu hitungan menit.

Belakangan ditelisik bahwa kalimat meme di atas dipublis oleh akun medsos dari seorang komika, Bintang Emon, yang jadi viral gak sengaja dalam berita Viva.

Berita viral dan sangat bernuansa politis di atas seakan menambah kekesalan orang terhadap belum turunnya harga BBB, meningkatnya harga listrik PLN, penyelesaian Covid yang tumpang tindih, atau  anggaran haji yang mau dialihkan.

Mungkin ke depan, akan terus ada hal hal tak terduga lainnya. Namun kabar buruknya: ada yang menyebut, pemimpin/pejabat terpilih adalah tampilan rakyat pemilihnya…wah!, apa iya, atau kita tak sengaja memilih mereka.[]

*Peminat sosial-budaya dan peristiwa yang viral. Menetap di Aceh Barat.

Baca juga: