BerandaBerita Gayo LuesFraksi Demokrasi Gayo Lues Minta Pj Bupati Segera Gelar Mutasi, Begini Penjelasan...

Fraksi Demokrasi Gayo Lues Minta Pj Bupati Segera Gelar Mutasi, Begini Penjelasan Detailnya

Populer

BLANGKEJEREN – Lima anggota Dewan Perwakikan Rakyat Kabupaten dari Faksi Demokrasi Gayo Lues meminta Pj Bupati Gayo Lues segera melakukan rotasi dan mutasi para pejabat setempat. Lima anggota DPRK itu Muhammad El Amin sebagai ketua fraksi, Hj. Salamah sekretaris, H. Ibnu Hasim, Mardin, Abdussalam, dan H Idris Arlem selaku anggota.

Pendapat lima anggota dewan itu disampaikan saat rapat paripurna istimewa tentang Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Pemerintah Kabupaten Gayo Lues Tahun 2022 di ruang sidang DPRK Gayo Lues, Selasa, 2 Mei 2023.

“Sebagai wakil rakyat, kami melihat sebuah aura positif dari Saudara Bupati yang ingin berlari kencang dalam penyelenggaraan Pemerintah saat ini. Oleh karena itu sudah barang tentu diperlukan para kesatria yang tangguh mendampingi Saudara Bupati sebagai penyelenggara dalam melaksanakan beban kerja masing-masing instansi di jajaran Saudara Bupati. Sangat dibutuhkan pengkajian ulang yang telah ditunjuk sebagai leader dan bahkan sangat diharapkan Saudara Bupati agar dapat merasionalisasi jumlah instansi yang mungkin terlalu gemuk untuk melayani penduduk yang jumlahnya hanya lebih kurang 103 ribu jiwa,” bunyi pernyataan Fraksi Demokrasi Gayo Lues yang dikirimkan H. Ibnu Hasim kepada wartawan.

Tentu, kata anggota dewan itu, Pj. Bupati lebih paham menindaklanjuti keinginan masyarakat Gayo Lues yang bertitip pesan kepadanya sebagai wakilnya agar segera ditinggkatkan efektifitas jajaran instansi dan efesiensi anggaran yang sudah pasti menjadi tugas Bupati. Evaluasi, katanya, harus dilakukan dengan penilaian terukur tanpa intervensi dari siapa dan pihak mana pun.

“Mengingat waktu yang singkat dan terus berjalan dimohon kepada Saudara Bupati agar segera melakukan rotasi dan mutasi dengan menempatkan personel yang dianggap cakap, layak serta mampu mengemban tugas yang diberikan. Hal dimaksud adalah juga untuk mempersiapkan Kabupaten Gayo Lues menerima pemimpin baru Bupati dan Wakil Bupati terpilih di masa yang akan datang,” jelasnya.

Selain meminta agar dilakukan mutasi terhadap pejabat, Fraksi Demokrasi Gayo Lues juga menyampaika perlunya perhatian khusus Pj. Bupati terhadap pendidikan, di mana yang menjadi persoalan saat ini adalah tingginya minat dari orang tua anak didik menyekolahkan anaknya di swasta ketimbang sekolah negeri.

“Bidang kesehatan dan pendidikan merupakan urusan wajib Pemerintah yang mendapat porsi anggaran tersendiri untuk penyelenggaraannya. Namun sangat disayangkan bila hasil yang diharapkan belum memenuhi kriteria yang telah menjadi ketentuan, beranjak dari berita yang sangat mengejutkan bahwa Gayo Lues memiliki angka stunting tertinggi se-Provinsi Aceh. Tempat-tempat pelayanan kesehatan Poskesdes dan Pustu yang kosong tanpa petugas, ditambah lagi dengan tingginya angka kematian ibu dan bayi, yang merupakan sebuah bukti nyata bahwa masyarakat belum disentuh atau kurangnya pelayanan kesehatan dan tidak merata. Untuk itu, sangat perlu dilakukan perbaikan-perbaikan dan optimalisasi pelayanan hingga ke pelosok negeri,” katanya.

Begitu juga tentang pelayanan di Rumah Sakit Umum Muhammad Ali Kasim, anggota dewan itu mengatakan masih perlu peningkatan. Ketersediaan obat dan bahan habis pakai serta alat-alat kesehatan. Anggota dewan itu juga mengharapkan agar tidak ada lagi dokter spesialis yang hengkang dari Gayo Lues seperti beberapa waktu lalu. Satu-satunya dokter anestesi PNS dilepas begitu saja, dokter penyakit dalam, spesialis kebidanan dan spesialis patologi anatomi yang telah dibantu dari biaya Pemerintah namun bisa dengan mudah keluar dari Gayo Lues.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya