Kamis, Juli 25, 2024

Cari HP di Bawah...

Mencari HP dengan harga terjangkau namun tetap memiliki performa yang handal memang bisa...

Siswa Diduga Keracunan Selepas...

SIGLI - Jumlah siswa yang dirawat akibat dugaan keracunan setelah konsumsi nasi gurih...

Spanduk Dukungan Bustami Maju...

LHOKSEUMAWE - Sejumlah spanduk berisi dukungan kepada Bustami Hamzah untuk mencalonkan diri sebagai...

Yayasan Geutanyoe Rayakan Hari...

LHOKSEUMAWE - Yayasan Geutanyoe merayakan Hari Anak Nasional tahun 2024 bersama 227 anak...
BerandaBerita Gayo LuesGayo Lues Gelar...

Gayo Lues Gelar Festival Seni Budaya Gayo Berhadiah Rp 80 Juta, Ini Jadwalnya

BLANGKEJEREN – Dinas Pariwisata Kabupaten Gayo Lues akan menggelar Festival Seni Budaya Gayo dengan total hadiah Rp 80 juta, pegelaran festival itu akan berlangsung di depan Balai Musara Blangkejeren selama Empat hari untuk memeriahkan HUT RI ke-77.

Irsan Firdaus Kepala Dinas Pariwisata Gayo Lues, Senin, 8 Agustus 2022, mengatakan pegelaran festival seni budaya gayo diselenggarakan Dinas Pariwisata bekerjasama dengan CV Kemuning Dewal, dengan jadwal mulai tanggal 10 Agustus 2022 sampai tanggal 15 Agustus 2022.

“Ada Enam seni budaya gayo yang kita perlombakan, yaitu Tari Saman, Bines, Pongot, Melengkan, Didong Nalo, dan Nesek,” katanya peserta yang sudah mendaftar diantaranya untuk tari Saman 17 klub, Tari Bines 16 klub, Pongot 17 orang, Didong Nalo 8 Klub, Melengkan 16 orang, dan Nesek 9 orang.

Festival seni budaya gayo yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Gayo Lues itu akan berlangsung mulai pukul 09:00 WIB hingga pukul 17:00 WIB, sedangkan pada malam hari tidak ada pegelaran seni budaya Gayo.

“Total hadiahnya Rp 80 juta, dengan rincian, juara I Tari Saman Rp 7 juta, juara II Rp 5 Juta, Juara III Rp 4 juta, dan juara IV Rp 2 Juta, kemudian untuk hadiah tari Bines sama dengan tari Saman ya,” kata Kasdis Pariwisata di ruanganya.

Sementara untuk hadiah melengkan dan Pongot kata Irsan Firdaus, jumlah hadiahnya sama, yaitu juara I Rp 3 Juta, juara II Rp 2 Juta, juara III Rp 1,5 Juta, dan juara IV Rp 1 juta. Kemudian juara I Didong Nalo Rp 4 juta, juara II Rp 3 juta, juara III Rp 2 juta, dan juara IV Rp 1,5 juta, juara I Nesek Rp 3 juta, juara II Rp 2 juta, juara III 1,5 Juta, dan juara IV Rp 1 juta.

“Bagi yang mau menonton pegelaran festival seni budaya gayo kita persilahkan, festival ini kita buka untuk umum dan tidak dibatasi,” jelasnya.[]

 

Baca juga: