Selasa, Juni 25, 2024

Yayasan HAkA Minta APH...

BANDA ACEH - Berdasarkan pemantauan yang dilakukan Yayasan Hutan Alam dan Lingkungan Aceh...

HUT Ke-50, Pemkab Agara-Bulog...

KUTACANE - Momentum HUT Ke-50, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tenggara bekerja sama dengan...

Pemilik Gading Gajah Super...

BLANGKEJEREN - Satreskrim Polres Kabupaten Gayo Lues berhasil mengungkap kasus kepemilikan dua gading...

YARA Minta Polisi Transparan...

ACEH UTARA - Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) mendesak kepolisian serius menangani kasus...
BerandaNewsHal-hal yang Membuat...

Hal-hal yang Membuat Orang Asing Terkejut Ketika Berada di Jepang

 

Jepang selalu menarik minat para wisatawan dengan keunikan dan perbedaan yang menonjol dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia. Jumlah wisatawan yang datang ke sini selalu meningkat setiap tahun nya,dimana pada july tahun ini ada lebih dari 2,3 juta wisatawan datang ke negara ini (dibanding dengan 2 tahun sebelumnya yang hanya mencapai 1,2 juta wisatawan saja).

Para wisatawan ini ingin merasakan apa saja perbedaan tersebut dan ingin merasakan begaimana ketika “tersesat”  tanpa mengetahui bahasa nya sama sekali. Nah!! disini kita telah menanyakan pendapat dari para yummy creator tentang hal hal yang membuat mereka kaget ketika pertamaa kali tiba di negara ini, dan jawaban-jawaban mereka sungguh mengejutkan!

Porsi makan

 

Bagi Kelly (pemilik channel youtube Strawberry Mochi) hal yang paling mengejutkan baginya adalah porsi penyajian makanan di restoran jepang yang sedikit. Ketika kita membeli makanan restoran barat biasanya kita akan disajikan dengan porsi yang besar di sebuah piring bukan? sedangkan ketika berada di jepang kalian akan diberikan makanan dalam piring kecil dan dengan porsi yang sedikit.

Style seperti ini terkenal dengan nama Kaiseki, kata kaiseki sendiri dalam bahasa jepang  memiliki arti: ?? (?: kai->dada ; ?: seki->batu)kenapa seperti itu? karena konon dahulu seorang biksu bernama Zen pernah meletakkan sebuah batu panas di bagian tubuh dekat perutnya untuk menahan rasa lapar.

Musim panas dengan suhu yang tinggi

 

Bagi Olivia sebagai orang yang berasal dari Kanada,dia sangat terkejut dengan tingginya suhu lingkungan saat ia melalui musim panas pertamanya disini. Musim panas di jepang berlangsung selama 3 bulan berturut-turut dengan kondisi yang panas serta kelembaban yang sangat tinggi, dan biasanya akan disertai dengan badai dan hujan deras pada saat mencapai akhir Agustus atau awal September.

Pastinya kalian akan banyak mengeluarkan keringat saat musim panas ditambah lagi biasanya ada sejenis serangga mirip jangkrik juga akan mengerik sepanjang siang dengan suara yang keras. Meskipun begitu, ketika musim panas juga banyak hal-hal menarik seperti : Festival pasar malam(Matsuri) dan festival kembang api (Hanabi).

Pesta minuman (Japanese Nomikai)

 

Ketika Chris melakukan pesta minuman untuk pertama kali nya, ia cukup terkejut dengan perilaku orang jepang yang saat itu lebih bersahabat dan lebih terbuka terhadap sesama. Makan dan minum bersama memang cara yang efektif untuk menjalin silaturahmi antar sesama,dan pesta seperti ini di jepang adalah cara yang baik untuk mencari teman!

Kalian bisa mengobrol sambil makan dan minum di sebuah meja bersama dengan teman kerja kalian. Pesta minum-minum seperti ini sudah menjadi kebudayaan di jepang, dan tidak jarang akan ada rekan kalian yang mengajak untuk minum 2-3 minggu sekali sekaligus untuk melepas penat.

Sistem pembuangan sambah

 

Orangetummy sangat terkejut dengan sistem pembuangan sampah disini,  dan saya pikir dia bukanlah satu-satunya orang yang terkejut. Di jepang, di setiap kota,bahkan disetiap daerah memiliki peraturan dan sistem pemilahan sampah sendiri.

Di sebuah apartemen biasanya akan tersedia tempat sampah dengan berbagai kriteria seperti : sampah yang dapat dibakar, sampah yang tidak dapat dibakar,sampah kertas,sampah plastik,sampah kaleng, dll. Seperti contohnya di kota Shikoku terdapat daerah yang bernama Kamikatsu yang memiliki 34 kategori sampah tersendiri. Gila bukan?!?

Rusa yang sangat bersahabat

 

Charly pemilik chanel youtube 2min Japan sangat terkejut ketika pertama kali mengetahui bahwa rusa-rusa di Nara sangat bersahabat dengan manusia. Mereka tidak takut dengan kehadiran manusia, sampai-sampai kalian bisa memegang bahkan menangkap rusa tersebut untuk diajak selfie juga tidak masalah.

Berdasarkan cerita rakyat jepang rusa dianggap sebagai hewan suci karena pernah dikunjungi oleh Takemikazuchi-no-mikoto (salah satu dewa yang ada di kuil Kasuga). Rusa kini sudah ditetapkan oleh WWI danberstatus sebagai hewan yang dilindungi dan menjadi hewan nasional jepang. Sampai pada tahun 1673 membunuh seekor rusa merupakan tindakan pidana dan diganjar dengan hukuman mati.

Masker penutup wajah

 

Kenapa banyak sekali orang memakai masker disini? apakah karena banyak polusi disini? tidak hanya Happintrip pasti banyak dari kalian juga bertanya-tanya dan terkejut dengan kebiasaan orang jepang yang selalu memakai masker. Jawaban yang paling tepat adalah karena ketika orang jepang sedang sakit mereka tidak ingin virus nya menular ke orang lain, sehingga mereka mencegahnya dengan memakai masker.

Dan alasan kedua adalah ketika sedang ada wabah flu mereka tidak ingin tertular dengan orang lain sehingga mereka mencegahnya dengan memakai masker juga. Biasanya para wanita juga menggunakan masker untuk menutupi wajahnya ketika mereka tidak memakai make up.

Terlalu banyak hal yang dibungkus

 

Blogger asal Perancis Emilie dan Kevin dari channel youtube La Vie Du Riz ini terkejut ketika mendapati berbagai produk kehidupan sehari-hari yang dibungkus. Sebagai contoh, ketika kalian membeli beberapa potong roti, maka mereka akan membungkus roti itu di dalam kantong, sebelum membungkusnya lagi kedalam sebuah kantong ditambah lagi mereka akan memberikan kalian tambahan kantong kecil jika sewaktu-waktu kalian ingin memakan nya dan menyisakan sebagian lagi untuk disimpan, itu sangat boros bukan?

Belum lagi jika kalian membeli sebuah biskuit maka biskuit tersebut akan dibungkus lagi padahal di dalam bungkusan biskuit tersebut sudah dibungkus perbagian biskuit.[]tourist-note.com

Baca juga: