Minggu, Juli 21, 2024

Tokoh Masyarakat Kota Sigli...

SIGLI - Para tokoh masyarakat dari 15 gampong dalam Kecamatan Kota Sigli menyatakan...

Tim Polres Aceh Utara...

LHOKSUKON – Kapolres Aceh Utara AKBP Nanang Indra Bakti, S.H., S.I.K., bersama jajarannya...

Pasar Malam di Tanah...

SIGLI - Kegiatan hiburan Pasar Malam yang digelar di tanah wakaf Tgk. Dianjong,...

Tutup Dashat, Kepala DPMPPKB...

ACEH UTARA – Kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) yang dilaksanakan secara serentak...
BerandaIlliza Janji Bangun...

Illiza Janji Bangun Museum di Gampong Pande

BANDA ACEH – Gampong Pande hingga Keudah, Kecamatan Kutaraja Banda Aceh telah berkontribusi terhadap penyebaran Islam di Indonesia. Calon Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa'aduddin Djamal berencana membangun museum di Gampong Pande jika ia terpilih kembali hasil pilkada 2017.

“Agar generasi mendatang paham sejarah, wisatawan juga bisa datang dan akhirnya meningkatkan perekonomian,” ujar Illiza melalui siaran pers diterima portalsatu.com, Senin, 12 Desember 2016.

Selain museum, calon petahana ini juga berjanji akan menata kuburan-kuburan bersejarah. Janji itu disampaikan saat silaturahmi dengan warga Kecamatan Kutaraja di Jalan Malem Dagang, Banda Aceh, Minggu/kemarin.

Jika terpilih kembali pada Pilkada mendatang, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Gampong Jawa juga direncanakan akan dipindahkan ke TPA regional di Blang Bintang, Aceh Besar. “TPA Gampong Jawa akan kita tutup,” kata Wali Kota Banda Aceh nonaktif ini.

Calon wali kota yang berpasangan dengan Farid Nyak Umar itu melanjutkan, “Dulu anak-anak tingkat sekolah dasar yang mampu membaca Alquran hanya 40 persen. Sekarang sudah mencapai 92 persen”.

Peunayong direncanakan akan menjadi kawasan heritage dengan konsep waterfront city. Sementara pasar ikan Peunayong akan dialihkan ke Gampong Lampulo. Terkait pengelolaan air bersih, direncanakan mengunakan sistem Distrik Meter Area (DMA), hingga dapat melayani kebutuhan air hingga 100 persen. “Persoalan air bersih akan selesai sebelum berakhir 2017,” kata Illiza.

Apabila kembali terpilih, ia juga berencana mengratiskan beras subsidi untuk masyarakat berpenghasilan rendah. “Kita gratiskan beras raskin nanti,” katanya.

Illiza mengawali orasinya dengan menyampaikan belasungkawa untuk korban bencana gempabumi di Pidie Jaya. Bencana 7 Desember lalu itu, juga merengut korban lima warga Gampong Keudah. “Semoga Alllah menerima almarhum dan almarhumah dengan husnul khatimah,” ucapnya sebelum memimpin doa.

Menutup kegiatan itu, Illiza membagikan santunan terhadap 15 anak yatim setempat. Hal itu dilakukan dalam rangka semarakkan Maulid Nabi Muhammad saw.[](rel)

Baca juga: