Minggu, Juli 21, 2024

Tokoh Masyarakat Kota Sigli...

SIGLI - Para tokoh masyarakat dari 15 gampong dalam Kecamatan Kota Sigli menyatakan...

Tim Polres Aceh Utara...

LHOKSUKON – Kapolres Aceh Utara AKBP Nanang Indra Bakti, S.H., S.I.K., bersama jajarannya...

Pasar Malam di Tanah...

SIGLI - Kegiatan hiburan Pasar Malam yang digelar di tanah wakaf Tgk. Dianjong,...

Tutup Dashat, Kepala DPMPPKB...

ACEH UTARA – Kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) yang dilaksanakan secara serentak...
BerandaNewsKala Harga Gas...

Kala Harga Gas Sumut Bergantung Dari Aceh

MEDAN – Kepala Badan Penanaman Modal dan Promosi (BPMP) Sumut, Purnama Dewi mengatakan, harga gas di Sumut tidak akan pernah murah seperti di Jawa. Mahalnya harga gas di Sumut dikarenakan distribusi yang terlalu jauh dan belum adanya dukungan dari pemerintah pusat.

Purnama Dewi mengatakan, kebijakan pemerintah membatalkan pembangunan gas Terminal Apung di Belawan, menjadi salah satu faktor masih tingginya harga gas di Sumut.

“Kita tergantung dengan Aceh sekarang ini. Mahalnya gas ini sangat dikeluhkan oleh investor,” ujarnya Kamis, 4 Februari 2016.

Ia menyebutkan, harga gas saat ini berkisar US Dolar 12,22/mmbtu. Jika dibandingkan dengan Jawa, harga Sumut terlalu tinggi. Ia meyakini, kalau harga gas di Sumut sama dengan Jawa, pertumbuhan investasi di Sumut bisa jauh lebih baik, bahkan bisa mengalahkan investasi di Jawa.

“Yang kondisinya begini saja, pertumbuhan investasi kita sudah 180,6 persen naiknya. Apalagi kalau energi seperti gas murah dan tidak defisit? bisa mengalahkan Jawa,” ucapnya.

Menurutnya, mahalnya harga gas di Sumut, diakibatkan dari korban regulasi pemerintah pusat. Ia berharap kalaupun harga gas tidak bisa lagi murah, maka harus diimbangi dengan yang lain seperti jaminan pasokan listrik untuk para investor.

Dikatakannya, pada 2015, realisasi investasi di Sumut mencapai Rp 19,8 triliun dari yang ditargetkan pemerintah Rp 14 triliun. Pada 2016 BPMP Sumut target investasi Sumut yang diberikan BKPM mencapai Rp 16,5 triliun.[] sumber: tribunnews.com

Baca juga: