Kamis, Juli 25, 2024

Cari HP di Bawah...

Mencari HP dengan harga terjangkau namun tetap memiliki performa yang handal memang bisa...

Siswa Diduga Keracunan Selepas...

SIGLI - Jumlah siswa yang dirawat akibat dugaan keracunan setelah konsumsi nasi gurih...

Spanduk Dukungan Bustami Maju...

LHOKSEUMAWE - Sejumlah spanduk berisi dukungan kepada Bustami Hamzah untuk mencalonkan diri sebagai...

Yayasan Geutanyoe Rayakan Hari...

LHOKSEUMAWE - Yayasan Geutanyoe merayakan Hari Anak Nasional tahun 2024 bersama 227 anak...
BerandaBerita Aceh UtaraKetua DPRK Aceh...

Ketua DPRK Aceh Utara Motivasi Peserta MHQ di Pentas PAI Aceh

LHOKSUKON – Ketua DPRK Aceh Utara, Arafat Ali, memberikan dukungan dan motivasi kepada dua peserta Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) asal Aceh Utara yang mengikuti Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) V Provinsi Aceh di Banda Aceh, 16-20 November 2021.

Kedua peserta MHQ jenjang Sekolah Dasar (SD) asal Aceh Utara yang mengikuti Pentas PAI V Provinsi Aceh Tahun 2021 adalah Zafir Al Arsyi dan Zafira Al Arsya. Dua bersaudara itu sebelumnya meraih peringkat pertama dalam MHQ Tingkat Kabupaten Aceh Utara Tahun 2021. Sehingga keduanya mewakili Aceh Utara pada MHQ Tingkat Provinsi Aceh yang digelar Kantor Wilayah Kementerian Agama Aceh.

“Sambil melaksanakan perjalanan dinas ke Banda Aceh, saya ikut menghadiri sekaligus mendampingi dua peserta MHQ tingkat SD yang mewakili Aceh Utara yang mengikuti Pentas PAI V Provinsi Aceh di Banda Aceh,” kata Arafat Ali dalam keterangan tertulis, Kamis (18/11), malam.

Zafir Al Arsyi dan Zafira Al Arsya turut menunjukan kemampuannya melantunkan ayat Alquran dengan suara merdu di hapadan Arafat Ali saat mereka bertemu di lokasi MHQ Pentas PAI V Provinsi Aceh di Hotel Kuala Radja Banda Aceh. Arafat merasa bahagia dan bangga dengan kemampuan kedua anak tersebut.

Arafat Ali berharap kedua peserta MHQ jenjang SD yang mewakili Aceh Utara itu meraih hasil yang maksimal di Pentas PAI Aceh. “Semoga nantinya para peserta asal Aceh Utara dapat memberikan prestasi dan kebanggaan bagi daerahnya. Tetap semangat dalam berjuang dan terus belajar untuk menjadi lebih baik di tahun-tahun yang akan datang,” ucap Ketua DPRK Aceh Utara itu.

Pembukaan Pentas PAI V itu digelar di Asrama Haji Embarkasi Aceh, Banda Aceh, Rabu, 17 November 2021, malam. Sedangkan perlombaan akan digelar di delapan hotel kawasan Banda Aceh. Kegiatan ini diikuti 609 siswa-siswi jenjang SD, SMP, dan SMA perwakilan kabupaten/kota di Aceh.

Delapan cabang perlombaan dalam ajang ini yakni MTQ Tingkat SD, SMP dan SMA/SMK Putra dan Putri, Pidato Tingkat SD, SMP dan SMA/SMK Putra dan Putri, Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) Tingkat SD dan SMP Putra Putri, Cerdas Cermat Tingkat SD dan SMP, Kaligrafi Tingkat SMP, Nasyid Tingkat SMA/SMK, Debat PAI Tingkat SMA/SMK, dan Kreasi Busana Muslimah Tingkat SMA/SMK.

Kegiatan ini dilaksanakan kerja sama Kanwil Kemenag Aceh dan Dinas Syariat Islam Provinsi Aceh.

“Pentas PAI wujud penghargaan Kementerian Agama untuk anak kita yang belajar Pendidikan Agama Islam di sekolah umum di samping untuk menambah karakter yang baik dan menambah wawasan kegamaan bagi mereka sehingga saat mereka keluar sekolah berakhlakul karimah dalam mengurus bangsa,” kata Kakanwil Kemenag Provinsi Aceh, Iqbal.

Staf Ahli Gubernur Aceh Bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan, Iskandar Syukri, saat membuka kegiatan ini menyampaikan Pentas PAI menjadi sangat penting untuk mengaktualisasikan nilai ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari.

“Tentunya ini tidak lepas dari peran para guru yang terus mengajari anak-anak sebagai pemegang estafet kepemimpinan Islam di masa yang akan datang,” katanya.[](ril)

Baca juga: