Sabtu, Juli 20, 2024

Peringati Haul Abati Banda...

LHOKSEUMAWE - Ratusan jamaah Tarbiyah Islamiyah Mazhab Syafi'i Aceh menggelar pawai akbar dalam...

Pj. Bupati Aceh Utara...

ACEH UTARA - Pemerintah Kabupaten Aceh Utara menyerahkan bantuan masa panik secara simbolis...

Sekum PB PON Wilayah...

BANDA ACEH – Progres pembangunan beberapa venue untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI...

PT PIM Bantu Korban...

ACEH UTARA - PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) menyerahkan bantuan kepada korban badai...
BerandaLKD IMKa: 'Membangun...

LKD IMKa: ‘Membangun Generasi Muda Berkompeten’

ACEH BESAR –  Ikatan Mahasiswa Kuta Baro Aceh Besar (IMKa) menggelar kegiatan Latihan Kepemimpinan Dasar jilid VI (LKD IMKa jilid V1) di SDN Bueng Cala Kuta Baro Aceh Besar, Jumat (17/06/2016).

Kegiatan tersebut diselenggarakan selama 5 hari 4 malam dengan jumlah 110 peserta yang berasal dari berbagai unsur. Kegiatan LKD kali ini mengusung tema “Membangun Generasi Muda yang Berkompeten, Berkualitas, Bertanggung Jawab dan Penuh Dedikasi.”

Ketua panitia Najmi Arjuna mengatakan, “110 peserta berasal dari bebagai unsur, yaitu siswa Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas dan utusan dari setiap desa di Kuta Baro.”

Ketua Umum IMKa, Ulul Azmi berharap dengan terselenggarakannya LKD ini dapat memberikan ilmu serta berbagi pengalaman sehingga dapat melahirkan kaderisasi pemimpin yang mampu menghadapi tantangan masa mendatang.

“Dengan diselenggarakan LKD ini kita berharap agar peserta dapat fokus dalam penerimaan materi-materi yang disampaikan, sehingga dapat berfikir kritis dan meningkatkan kapasitas untuk membangun wadah yang dimiliki mereka sewaktu lepas dari pelatihan ini, seperti OSIS/OSIM serta desa dimana mereka berasal dan juga sebagai bakal calon pengurus IMKa diperiode selanjutnya”.

“Selain itu, output dari terselenggarakan LKD ini adalah untuk menanggulangi tantangan dalam kehidupan sosial bermasyarakat saat ini, tantangan pergaulan bebas seperti narkoba, seks bebas dan menurunnya kualitas moral anak bangsa. Maka dari itu dengan kehadiran IMKa ditengah-tengah masyarakat dapat dirasakan untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan dengan cara membina secara berkelanjutan agar generasi anak bangsa dapat diselamatkan,” ujar putra berkelahiran desa Lambro Bileu Kuta Baro ini.

Maimun SE selaku Sekcam yang membuka kegiatan tersebut berharap agar peserta dapat antusias dalam mengikuti LKD ini. “Saya berharap kepada para peserta dapat antusias dalam dalam mengikuti kegiatan LKD ini, dan pemateri serta panitia dapat memaksimalkan perannya dalam membimbing peserta selama kegiatan ini berjalan”

LKD yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Kuta Baro ini merupakan kegiatan rutinitas tahunan yang selalu diselenggarakan setiap tahunnya dalam bulan suci ramadhan. Dan LKD kali ini merupakan kali yang ke VI setelah pertama kalinya digagas oleh Muliadi Saputra yaitu Ketua Umum IMKa periode pertama menjabat.

Sementara itu Ir. Zamzami, Wakil Ketua DPRK Aceh Besar disela-sela kehadirannya mengungkapkan bahwa ia sangat mendukung penuh kegiatan positif serta mendidik seperti ini. “Saya sangat mendukung penuh kegiatan positif yang seperti ini, kegiatan ini sangat dibutuhkan untuk membentuk karakter anak bangsa sehingga dapat menjadi generasi penerus yang berkompeten, memiliki kapasitas serta tentunya diiringi dengan mental spiritualitas yang kuat”.

Dalam pembukaan LKD IMKa jilid VI turut dihadiri Ka. Polsek Kuta Baro, Ka. Koramil Kuta Baro, para tokoh masyarakat, senior IMKa, para mukim se-Kuta Baro, para geuchik se-Kuta Baro dan seluruh Ketua Paguyuban se-Aceh Besar.[]

Laporan: Fadhallah Zacky<!–EndFragment–>

Baca juga: