Kamis, Juli 25, 2024

BI Lhokseumawe Gelar ToT...

LHOKSEUMAWE - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lhokseumawe bersama Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota...

PPK Sawang: Uang Operasional...

ACEH UTARA - Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sawang di bawah Komisi Independen Pemilihan...

Cari HP di Bawah...

Mencari HP dengan harga terjangkau namun tetap memiliki performa yang handal memang bisa...

Siswa Diduga Keracunan Selepas...

SIGLI - Jumlah siswa yang dirawat akibat dugaan keracunan setelah konsumsi nasi gurih...
BerandaNewsMapping Wilayah dan...

Mapping Wilayah dan Vaksinasi Door to Door Libatkan Tokoh Agama

LHOKSEUMAWE – Jajaran Polres Lhokseumawe akan melakukan mapping (pemetaan) wilayah di Kabupaten Aceh Utara yang masuk ke dalam wilayah hukum Polres Lhokseumawe yang capaian vaksinasi belum maksimal. Setelah itu, kepolisian bersama pemerintah daerah akan melaksanakan vaksinasi sistem door to door (rumah ke rumah) dengan melibatkan tokoh agama.

Hal itu disampaikan Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto dalam dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Percepatan Vaksinasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Aceh Utara di Pendopo Bupati Aceh Utara, di Lhokseumawe, Kamis, 9 Desember 2021.

Rakor dipimpin Bupati Aceh Utara Muhammad Thaib turut dihadiri Dandim 0103/Aut Letkol Arm Oke Kistiyanto, Kapolres Aceh Utara AKBP Riza Faisal, Kajari Aceh Utara, Sekda Aceh Utara, pihak DPRK, Kadis Kesehatan, Kadis Pendidikan dan unsur terkait lainnya.

“Kami akan melaksanakan vaksinasi door to door yang didampingi oleh tokoh agama di desa,” ujar Kapolres Eko Hartanto.

Diharapkan dengan langkah ini akan mempercepat dan meningkatkan jumlah masyarakat di Aceh Utara yang mengikuti vaksinasi Covid-19.

Bupati Aceh Utara Muhammad Thaib dalam rakor itu mengimbau para kepala dinas dan camat terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya vaksinasi. Bupati juga meminta agar kerja sama dengan instansi terkait ditingkatkan dalam rangka percepatan vaksinasi di kantor-kantor pemerintahan.

Herman, warga Seunuddon, Aceh Utara, menilai program vaksinasi dari rumah ke rumah sangat tepat dilakukan untuk meningkatkan capaian vaksinasi di desa-desa. “Kalau Pemda melibatkan ulama dan tokoh-tokoh di desa tentu semakin banyak masyarakat yang akan mau divaksin,” ujar dia saat diminta kometarnya.

Sementara itu, Wali Kota Lhokseumawe Suaidi Yahya mengadakan rakor bersama Forkopimda Lhokseumawe di Oproom Setda setempat, Rabu (8/12). Rakor membahas percepatan vaksinasi itu dihadiri Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto, Dandim 0103/Aut Letkol Arm Oke Kistiyanto, pimpinan DPRK, akademisi serta stakeholder terkait lainnya. Dalam rakor tersebut juga dibahas target jumlah masyarakat yang ikut vaksinasi.

“Unsur Muspida menargetkan bahwa masyarakat Kota Lhokseumawe yang sudah divaksin tahap 1 dan tahap 2 sebesar 70 persen di tahun 2022 di akhir bulan Desember,” ujar Kasi Humas Polres Lhokseumawe Salman Alfarisi usai rakor itu.

Salman menyebut jajaran Polres Lhokseumawe juga melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya vaksinasi.

“Sosialisasi kepada masyarakat terus kita lakukan di setiap kecamatan. Kita juga menyediakan layanan antar jemput bagi warga yang ingin ikut vaksinasi. Ini dilakukan untuk memudahkan masyarakat,” ujarnya.

Selain pentingnya mengikuti vaksinasi, masyarakat juga harus selalu disiplin Memakai masker dan Menjaga jarak, sering Mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer, Menghindari kerumunan, dan Mengurangi mobilitas atau bepergian, kecuali untuk keperluan sangat mendesak. Tujuan menerapkan protokol kesehatan secara maksimal dengan cara membiasakan 5M itu dalam kehidupan sehari-hari untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.[](Irm/*)

Baca juga: