Jumat, Juli 19, 2024

Ini Kata Camat Tanah...

ACEH UTARA - Pemerintah sedang melakukan pendataan bangunan yang rusak akibat diterjang badai...

JPU Tuntut Lima Terdakwa...

BANDA ACEH - Jaksa Penuntut Umum menuntut empat terdakwa perkara dugaan korupsi pada...

Abu Razak Temui Kapolda,...

BANDA ACEH – Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh H. Kamaruddin...

Diterjang Badai, Lapak Pedagang...

ACEH UTARA - Banyak lapak pedagang dan warung di sepanjang jalan Simpang Rangkaya,...
BerandaNewsMenilik Kelebihan Tablet...

Menilik Kelebihan Tablet Asus ZenPad 7

JAKARTA – Beberapa waktu lalu merdeka.com menulis artikel tentang tablet android kelas tengah dengan harga ekonomis yang layak dimiliki di tahun 2016 ini. Salah satunya adalah tablet kelas menengah terbaru dari Asus, ZenPad 7 (seri Z370CG).

Seperti telah ditulis oleh tim merdeka sebelumnya, di atas kertas, tablet berbasis sistem operasi Android Lollipop 5.0.2 ini memiliki prosesor Quad-core Intel Atom berarsitektur 64-bit, kartu grafis Mali-450, RAM 2GB, dan memori internal 16GB. Sehingga tidak diragukan lagi performanya untuk kegiatan sehari-hari.

Layar 7 inci dari ZenPad 7 berjenis WXGA IPS beresolusi 1280 x 800 piksel dan ditambah dengan teknologi layar tajam Tru2Life dari Asus. Sebagai tambahan, layar ini juga dilapisi oleh Gorilla Glass 1 dan lapisan anti sidik jari. Sehingga layar akan tetap terlihat jernih tanpa noda meski bolak-balik dipegang.

Kebetulan, tablet ZenPad 7.0 yang dikirim oleh Asus Indonesia adalah versi ZenPad Theater, atau yang dibundling dengan audio cover. Audio cover adalah pelindung tablet yang dilengkapi dengan pengeras suara. Si Zenpad 7.0 dalam box sendiri berwarna putih. Berikut beberapa catatan pengalaman merdeka.com saat memakai Asus ZenPad 7.0 ini.

Desain

Desain Asus ZenPad 7 boleh dibilang salah satu terbaik di antara pesaingnya, dengan material gelas pada bagian depan dan campuran plastik dengan semacam material kulit mewah, mengingatkan kami pada generasi blackberry bold 2009-2010.

Casing belakang ini bisa dilepas dan diganti dengan Asus Audio Cover yang membuat kami berpikir secara fungsi akan lebih baik andaikan speaker diganti dengan keyboard, lalu kami ingat beberapa teman yang hobi menonton drama korea sering kali memutar drama kesukaan mereka di tablet dengan suara dibesarkan, dan akhirnya fungsi cover speaker ini terjawab.

Salah satu yang kami agak terkejut adalah batery yang terkunci. Ya, Zenpad 7 mengusung desain unibodi yang berarti baterainya tidak bisa dilepas. Walaupun cover belakang bisa dibuka namun itu hanya berfungsi untuk mengganti back cover dan menanamkan kartu SIM dan kartu memori tambahan.

Performa

Kami tidak menyertakan catatan teknis dari aplikasi benchmark, tapi lebih ke pengalaman menggunakannya. Dalam ini, si ZenPad 7.0 kami 'paksa' untuk bekerja atau main games, serta ber-social media. Dan hasilnya tidak mengecewakan.

Seperti seri-seri produk Asus Zenfone, ZenPad 7 menggunakan antar muka Zen UI dengan bermacam-macam aplikasi native (bloatware). Tak aneh bila aplikasi-palikasi bawaan ini memakan cukup banyak ruang di memori penyimpanan eksternal.

Ram 2 GB nampaknya cukup mampu membuat Zenpad 7 berlari kencang dengan aneka aplikasi ringan walau dengan sedikit lag saat kita berpindah aplikasi. Namun hal itu bisa di atasi dengan sering-sering melakukan clean chace memory. Beruntung ZenPad 7 ini memiliki slot memory yang bisa diexpand sampai dengan 128 GB, sehingga mengatasi besaran ruang simpan yang hanya 16 GB.

ZenPad 7.0 ini nyaman digunakan untuk Facebookan atau Twitter, editing dokumen dengan google doc pun lancar kami lakukan. Sehingga tablet ini cocok buat mereka yang menjalankan usaha online shop dan mengandalkan social network untuk promo.

Kami berpikir, andai saja tablet ini dilengkapi dengan cover berkeyboard ketimbang speaker akan lebih powerfull apalagi untuk pelajar, ukurannya sangat enak dibawa kemana-mana dan simple saat dimasukan ke dalam tas.

Kamera dan Foto

Dilengkapi dengan kamera sebesar 8 Megapixel bagian belakang dan 2 Megapixel bagian depan cukup rumayan bagi anda yang suka mengambil gambar snapshoot, walau memiliki autofokus namun janganlah berharap banyak seperti kecepatan Zenfone Selfie atau Zenfone 2 Laser.

Untuk menghasilkan foto berkualitas, harus diusahakan obyek tak banyak gerak. Namun, hasil jepretan si ZenPad 7 cukup bagus, asal anda mengambil gambarnya ditempat yang cukup banyak cahaya mengingat tablet ini tak dilengkapi oleh lampu flash.

Kesimpulan

Bagi anda yang bergerak di Online shop, tablet ini rekomendasi sekali buat anda, kecil simple dengan form factor yang sedap dipandang mata, powerfull buat anda menjajakan dagangan anda di social network, enak dibawa kemana-mana.

Bagi anda yang suka streaming video atau memutar video di mobile, ZenPad 7 juga bisa jadi perangkat mobile yang ideal, karena tablet ini dilengkapi dengan cover berspeaker yang mengusung teknologi surround sound.

Bagi pelajar dan mahasiswa, tablet ini akan berbicara banyak ketika anda pasangkan dengan keyboard bluetooth yang banyak dijual untuk membantu anda menyelesaikan tugas sekolah. Harga dari ZenPad 7 (no audio cover) juga terjangkau, hanya Rp 2,4 jutaan. Sementara versi ZenPad Theater-nya dijual di pasaran dengan harga Rp 2,8 jutaan. Harga dan spesifikasi yang ditawarkan bisa dibilang sebagai salah satu terbaik di pasar Indonesia saat ini.[] sumber: merdeka.com

Baca juga: