BerandaNewsMukim Teritit Lakukan Pemetaan Wilayah Adat

Mukim Teritit Lakukan Pemetaan Wilayah Adat

Populer

REDELONG – Masyarakat adat Mukim Teritit, Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah, Selasa, 30 Maret 2021 melakukan pemetaan wilayah adat secara partisipatif. Kegiatan tersebut melibatkan reje (kepala desa), kepala mukim, camat, tokoh masyarakat dan pemuda.

Kepala Mukim Teritit Jemali menjelaskan, pemetaan wilayat adat itu dilakukan supaya adanya kepastian hukum bagi masyarakat adat Mukim Teritit, serta sebagai upaya melindungi lahan dan hutan adat.

“Nantinya kami akan meminta pemerintah untuk segera menetapkan hutan adat Mukim Teritit. Dengan adanya peta tersebut, maka masyarakat hukum adat Mukim Teritit akan berdaulat atas wilayah adatnya, yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelas Jemali.

Baca Juga: Tatapan Kosong Putri Aura dan Empati Dandim Aceh Utara.

Camat Bukit Ismail yang turut hadir pada kegiatan tersebut berharap penataan batas kampung sekaligus dengan batas wilayah mukim yang ada di Kecamatan Bukit dapat terselesaikan dalam tahun ini.  “Untuk mendukung agenda penataan batas ini dapat menggunakan anggaran dana desa yang ada di masing-masing kampung,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Sekretaris Pelaksana Jaringan Komunitas Masyarakat Adat (JKMA) Aceh Zulfikar Arma menerangkan bahwa pemetaan wilayah adat merupakan rangkaian kegiatan untuk mewujudkan kedaulatan masyarakat adat atas wilayah adatnya, selain itu nantinya juga akan dilakukan kegiatan pendokumentasian aturan adat Mukim tentang penguasaan dan pengelolaan hutan adat dan pembuatan profil mukim.

“Dokumen-dokumen tersebut nantinya menjadi bahan lampiran kepada pemerintah kabupaten untuk menetapkan wilayah adat dan sebagai bahan kelengkapan administrasi untuk pengusulan hutan adat kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Jakarta,” ungkapnya.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya