Jumat, Juli 19, 2024

Ini Kata Camat Tanah...

ACEH UTARA - Pemerintah sedang melakukan pendataan bangunan yang rusak akibat diterjang badai...

JPU Tuntut Lima Terdakwa...

BANDA ACEH - Jaksa Penuntut Umum menuntut empat terdakwa perkara dugaan korupsi pada...

Abu Razak Temui Kapolda,...

BANDA ACEH – Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh H. Kamaruddin...

Diterjang Badai, Lapak Pedagang...

ACEH UTARA - Banyak lapak pedagang dan warung di sepanjang jalan Simpang Rangkaya,...
BerandaBerita LhokseumawePAG Gandeng Politeknik...

PAG Gandeng Politeknik Negeri Lhokseumawe Latih Puluhan Pemuda Jadi Tukang Las

LHOKSEUMAWE – PT Perta Arun Gas (PAG) bekerja sama dengan Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) menggelar pelatihan pengelasan bagi pemuda 13 desa lingkungan PAG. Sebanyak 26 peserta perwakilan dari 13 desa akan mengikuti pelatihan pengelasan selama 10 hari atau 50 jam pertemuan.

Vice President Corporate Secretary PAG, Hatim Ilwan, mengatakan kegiatan ini kelanjutan dari program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dirintis PAG.

“Ada 13 desa saat ini yang menjadi binaan PAG. Program ini untuk memberikan nilai lebih serta mendukung kemandirian pemuda lingkungan PAG,” ujar Hatim Ilwan dalam acara penandatanganan berita acara penyerahan pekerjaan dari PAG ke PNL, di Ruang Rapat Direktur PNL, Jumat, 24 Desember 2021.

Hatim Ilwan menyebut PAG saat ini fokus bagaimana program CSR bisa di-deliver kepada desa. Salah satunya melalui pelatihan pengelasan bagi pemuda 13 desa lingkungan PAG. Peserta akan dilatih kemampuan dan pengetahuannya oleh instruktur las profesional PNL untuk menjadi juru (tukang) las yang andal.

“Program pelatihan selama 10 hari ini, insya Allah sejalan dengan program Pemerintah Kota Lhokseumawe. Kami mencoba turut andil dalam memberdayakan pemuda di Lhokseumawe melalui pelatihan pengelasan bagi pemuda,” ujar Hatim.

Hatim memohon dukungan penuh dari Pemko dan DPRK Lhokseumawe serta PNL supaya PAG dapat terus berkembang dan bermanfaat untuk masyarakat.

Direktur PNL, Ir. Rizal Syahyadi, S.T., M.Eng.Sc., menyampaikan apresiasi atas amanah dan kepercayaan manajemen PAG untuk melaksanakan program ini. PAG adalah mitra strategis PNL dalam peningkatan kapasitas SDM.

“Program yang diinisiasi ini wujud nyata PAG dalam mendukung peningkatan ekonomi maupun kemandirian pemuda melalui peningkatan kapasitas masyarakat di Kota Lhokseumawe,” ujar Rizal Syahyadi yang juga Ketua PII Kota Lhokseumawe ini.

“PNL memiliki Prodi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Pengelasan dan Pabrikasi, dan ini prodi pertama di Sumatera. Untuk kegiatan ini, peserta akan dilatih oleh dosen dan teknisi yang sudah berpengalaman dan berlisensi International Welding Specialist (IWS) dan International Welding Practitioner (IWP),” kata lulusan University Malaya ini.

Ketua DPRK Lhokseumawe, Ismail A. Manaf, mengatakan program seperti ini harus terus dipertahankan dan ditingkatkan PAG pada tahun depan. Ia berharap semua peserta mengikuti pelatihan ini secara maksimal.

“Kalian termasuk yang beruntung bisa mengikuti pelatihan, maka manfaatkan peluang ini, ikuti pelatihan sampai tuntas sehingga betul-betul memiliki skill dan keterampilan di bidang pengelasan,” ujar Ismail.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Manager Corporate Communication & CSR PAG, Iskandarsyah, Humas PAG, perwakilan Bappeda Lhokseumawe, Wakil Direktur II PNL, Nanang Prihatin, S.Kom., M.Cs., Wakil Direktur III PNL, Ir. Sariyusda, M.T., Koordinator Humas dan Kerja Sama PNL, Ir. Muhammad Hatta, S.ST., M.T., para ketua jurusan di lingkungan PNL, serta perwakilan peserta dari 13 desa.[](ril)

Baca juga: