BerandaPerlunya Pemahaman Pendidikan Khusus Sejak Dini

Perlunya Pemahaman Pendidikan Khusus Sejak Dini

Populer

LANGSA – TKLB Global School Langsa mengadakan acara Penyuluhan Pendidikan Khusus Terhadap Masyarakat dan Orang Tua Sejak Dini. Langsa, Hari Kamis Tanggal10 Maret 2016 Pukul 08.30 Wib s/d 12 Wib. Kegiatan ini diadakan di SDLB Negeri Langsa Jalan Ahmad Yani Kp. Teungoh Kec. Langsa Kota – Kota Langsa.

Kepala sekolah TKLB Global School Langsa, Annafi Al-muta’ali, S.Pd.I, mengatakan, acara ini merupakan kegiatan penyuluhan yang pertama sekali diadakan di Provinsi Aceh dan Pulau Sumatera.

“Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini meliputi mengidentifikasi gejala awal pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) sejak balita maupun sejak lahir 0 bulan – 3 tahun umur dari seorang anak,” kata Annafi, yang merupakan salah satu mahasiswa Aceh yang masih melanjutkan S1 yang kedua dalam pendidikan khusus di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Agus Salim, S.Sos.I mengatakan, kegiatan ini dianggap penting karna kurangnya wawasan dan pengetahuan orang tua serta masyarakat dalam mengetahui anak yang Berkebutuhan Khusus (ABK) dalam mengenali mana yang dikatakan anak Autis, Down Sindrom dan ADHD.

“Kita harap adanya kegiatan penyuluhan pendidikan khusus seperti ini, peserta yang terdiri dari masyarakat dan tamu undangan dapat lebih mengetahui gejala awal dan penanganannya sejak balita terhadap anak-anak yang berkebutuhan khusus,” kata Agus dalam kegiatan yang didukung penuh oleh Wakil Wali Kota Langsa dan Instansi pemerintahan kota beserta tokoh masyarakat setempat.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Langsa Drs. Saifuddin Rajali, MM, M.Pd, Kepala Bidang PLB/PLS Drs. Muhammad Yusuf, SH, dan Kepala Sekolah SDLB Negeri Langsa Siti Aminah, S.Pd), serta undangan dari Dinas Syariat Islam Langsa, BAPPEDA, SD Al- Marhamah, TK Al-Marhamah dari Kp. Seuriget, dan delapan puluh (80) peserta yang hadir yang mewakili dari masyarakat Kota Langsa, Aceh Tamiang, serta Aceh Timur.

Pemateri dalam kegiatan ini disampaikan oleh tiga orang yaitu Agus Salim, S.Sos.I – mahasiswa yang masih melanjutkan pendidikan Pascasarjana Jurusan Psikologi di Universitas Medan Area (UMA), Annafi Al-muta’ali, S.Pd.I, dan Lylia Sefnianita, S.Pd – alumnus Universitas Negeri Padang yang juga bekerja sebagai guru SDLB Negeri Langsa.[]

Laporan: Agus Salim

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya