Jumat, Juli 19, 2024

Ini Kata Camat Tanah...

ACEH UTARA - Pemerintah sedang melakukan pendataan bangunan yang rusak akibat diterjang badai...

JPU Tuntut Lima Terdakwa...

BANDA ACEH - Jaksa Penuntut Umum menuntut empat terdakwa perkara dugaan korupsi pada...

Abu Razak Temui Kapolda,...

BANDA ACEH – Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh H. Kamaruddin...

Diterjang Badai, Lapak Pedagang...

ACEH UTARA - Banyak lapak pedagang dan warung di sepanjang jalan Simpang Rangkaya,...
BerandaNewsPuluhan Santri Pesantren...

Puluhan Santri Pesantren Ini Terima Vaksin, Kapolsek Sosialisasi ke Dayah

BANDA ACEH – Sebanyak 91 Santri di Pesantren Al-Manar, Desa Lampermai, Kecamatan Barona Jaya, Aceh Besar, menerima vaksin dalam kegiatan vaksinasi massal digelar Biro Operasi (Roops) Polda Aceh, Selasa, 28 September 2021.

“Vaksinasi massal di pesantren tersebut bekerja sama dengan Gerai Presisi Polri yang bertujuan untuk mendukung program vaksinasi yang sedang dijalankan pemerintah,” kata Karo Ops Polda Aceh, Kombes Pol. H. Agus Sarjito, usai meninjau pelaksanaan vaksinasi tersebut.

Pada vaksinasi tersebut 100 orang yang datang untuk menerima vaksin. Namun, dari jumlah tersebut hanya 91 orang yang dapat divaksin, sedangkan 9 orang lainnya ditunda karena alasan kesehatan.

“Dari total yang hadir, vaksinator kami melakukan skrining terlebih dahulu. Sehingga, yang tidak memenuhi syarat untuk vaksin disarankan untuk ditunda,” ujarnya.

Agus juga mengimbau agar para santri tidak perlu takut apalagi ragu untuk menerima vaksin. Semua lembaga yang terlibat, termasuk Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) sudah mengakui dan melegalkan vaksin yang saat ini diberikan kepada masyarakat.

Dia juga meminta kepada santri dan masyarakat yang belum melaksanakan vaksin baik dosis I maupun dosis II agar segera mendatangi gerai-gerai vaksinasi yang sudah disediakan pemerintah, TNI, Polri, dan instansi lainnya.

“Kalau memang belum vaksin sama sekali, silakan datang ke gerai-gerai yang telah pemerintah sediakan atau gerai polri presisi. Ini semua merupakan ikhtiar kita semua untuk menciptakan herd immunity di Provinsi Aceh,” tutur Agus.

Sosialisasi ke dayah

Sementara itu, Kapolsek Muara Dua, Ipda Nina Ervianti, melakukan sosialisasi vaksinasi kepada siswa/santri Dayah Ulumuddin, Desa Uteun Kot, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, Rabu, 29 September 2021.

Nina mengatakan sebelum kegiatan tersebut dilaksanakan pihaknya melakukan koordinasi dengan pimpinan Dayah Ulumuddin, Tgk. H. Syamaun Risyad, Lc.

“Kemudian, kita lanjutkan dengan memberikan sosialisasi terkait vaksinasi Goes To School kepada para siswa/santri di dayah ini,” ujarnya.

Tim tenaga kesehatan (nakes) ikut membantu memberikan edukasi bahwa vaksin itu sangat aman dan cukup bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh di tengah pandemi Covid-19.

“Upaya ini dilakukan untuk mengajak para siswa/santri untuk melakukan vaksin guna meningkatkan herd immunity atau kekebalan komunal yang bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujar Nina.

Hadir pada kegiatan sosialisasi ini petugas Puskesmas Muara Dua, Wakil Bidang Pendidikan Dayah Ulumuddin Tgk. Ilyas Ibrahim, M.A., dan Wakil Bidang Pengasuhan Dayah Ulumuddin Tgk. Iswan Fauzi, M.Pd.[](Irm/*)

Baca juga: