Minggu, Juli 14, 2024

Tanggapan Ketua DPRK Aceh...

ACEH UTARA - Mendagri Tito Karnavian memperpanjang masa jabatan Pj. Bupati Aceh Utara...

Selamat! 2 Siswa Kota...

SUBULUSSALAM - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Pengembangan Talenta...

Besok, Mahyuzar akan Terima...

ACEH UTARA - Dr. Mahyuzar, M.Si., akan menerima Surat Keputusan (SK) Mendagri tentang...

Jabatan Pj Bupati Aceh...

ACEH UTARA - Masa jabatan Penjabat Bupati Aceh Utara, Dr. Mahyuzar, genap satu...
BerandaPutra Aceh di...

Putra Aceh di Jepang: Emhecee Akan Gelar Silaturahmi Sambut Ramadan

LHOKSEUMAWE – Emhecee Community Japan akan menggelar ceramah dan silaturahmi Indonesia dengan menghadirkan H. Zulkifli Matondang pada 20 Maret 2016 di Awara-30 Yamashitacho Aichiken, Jepang.

“Kegiatan syiar Islam ini bertujuan menjalin silaturahmi antara sesama perantau di sini (Jepang), di samping untuk memperoleh siraman rohani. Melalui acara ini kita harapkan bisa lebih kompak dan solid, dari berteman kita bisa bisa jadi bersaudara,” tulis Aslam Asyura, Ketua Emhecee Community Japan lewat pesan layanan Facebook kepada portalsatu.com, Kamis, 17 Maret 2016, pagi.

Aslam Asyura merupakan putra Aceh yang lahir di Lhoksukon dan pernah tinggal di Kutablang, Lhokseumawe. Ia bersama orangtuanya kemudian hijrah ke Medan, Sumatera Utara. Sejak tahun 2004, Aslam menetap di Jepang. Di Negeri Sakura itu, Aslam aktif di sejumlah komunitas. Salah satunya, Motor Hustle Collective (MHC) yang dikenal dengan “Emhecee Community Japan”. Komunitas tersebut kini memiliki 80 anggota yang merupakan putra putri dari berbagai provinsi di Indonesia yang menetap di Jepang.

Menurut Aslam, ceramah dan silaturahmi Indonesia yang akan digelar pada hari Minggu nanti (pukul 13.00-17.00 waktu Jepang) mengangkat tema “Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadan”. Panitia kegiatan tersebut, kata Aslam, akan menyiapkan sajian kuliner dan kue-kue khas daerah di Indonesia untuk dihidangkan kepada para tamu undangan.

Rumah Tahfizh

Aslam menambahkan, Emhecee Community Japan juga akan menjadi salah satu pendukung/sponsor pelaksanaan tabligh akbar “Matematika Hidup Sukses Menurut Alquran” dan peresmian Rumah Tahfizh Shizuoka, Minggu, 3 April 2016, di Shiminbunka Kaikan Shizuoka, Jepang. Panitia tabligh akbar menghadirkan Ustaz Yusuf Mansur dari Jakarta.

Menurut Aslam, pendirian Rumah Tahfizh Shizuoka merupakan ide dari Komunitas Muslim Indonesia (KMI). “Insya Allah, kita ikut ambil bagian untuk kemajuan dan memperkenalkan Islam di Jepang,” tulis Aslam yang saat ini juga menjabat Sekjen Wadah Suara Anak Bangsa Indonesia (Wasabi) Japan.

Untuk diketahui, Emhecee Community Japan selama ini aktif menggelar berbagai kegiatan. Di antaranya, touring, memeriahkan HUT RI dengan berbagai perlombaan, dan bakti sosial lainnya. Pada awal Januari lalu, Emhecee mengumpulkan dana untuk pemulangan jenazah seorang WNI asal Sulawesi yang meninggal di Jepang akibat sakit.[] (idg)

Baca juga: