Rabu, Juli 24, 2024

Tinjau Venue PON XII,...

SIGLI - Pemerintah Kabupaten Pidie meminta rekanan terus memacu pekerjaan tiga venue yang...

Wali Nanggroe dan Mualem...

JAKARTA – Wali Nanggroe Aceh Paduka Yang Mulia Tgk. Malik Mahmud Al Haythar...

Balai Syura: Perempuan Aceh...

BANDA ACEH - Balai Syura Ureung Inong Aceh dan seluruh elemen gerakan perempuan...

Pemko Subulussalam dan Pemkab...

SUBULUSSALAM - Pemerintah Kota (Pemko) Subulussalam menjalin kerja sama atau MoU dengan Pemerintah...
BerandaNewsRumah Keluarga Miskin...

Rumah Keluarga Miskin Dilahap Api, Ayah dan Anak Terbakar

LHOKSUKON – Satu rumah kayu di Gampong Ulee Gle, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara ludes terbakar, Selasa, 23 Februari 2016, sekitar pukul 12.50 WIB. Dalam kejadian itu, pemilik rumah dan anaknya yang masih balita ikut terbakar.

“Umar Yacob, 70 tahun, mengalami luka bakar di bagian pinggang saat berusaha memadamkan api. Sedangkan anaknya, Khaidir, 2 tahun, mengalami luka bakar di paha dan jari tangan saat sang ayah mengeluarkannya dari kobaran api,” kata Geuchik Gampông Ulee Gle, M. Hasan kepada portalsatu.com.

Hasan menjelaskan, kebakaran itu terjadi saat Taibah, 50 tahun, istri Umar Yacob, meninggalkan dapur rumahnya untuk melaksanakan salat dzuhur. Kala itu, ia sedang memasak dengan kayu bakar.

“Ketika sedang wudu di sumur yang tak jauh dari rumahnya, Taibah melihat api berkobar di bagian dapur. Ia pun bergegas dan berteriak membangunkan suaminya yang sedang tidur bersama dua anaknya. Melihat rumah terbakar, Umar langsung berupaya mengeluarkan kedua anaknya. Namun paha dan jari Khaidir terbakar akibat terkena atap rumbia yang berjatuhan dilahap api. Sementara anak lainnya, Nisa Aulia, 4 tahun berhasil dievakuasi,” ujarnya

Hasan melanjutkan, setelah mengeluarkan kedua anaknya, Umar kembali berusaha memadamkan api. Namun, usaha itu gagal, bahkan pinggangnya ikut terbakar.

“Tidak ada harta benda yang berhasil diselamatkan, semua ludes bersama bangunan rumah. Saat ini mereka menumpang tinggal di rumah anaknya,” ucap Hasan.

Menurut Hasan, dua anak Umar yang masih balita itu merupakan hasil perkawinannya dengan istri muda. “Tapi sudah pisah, bercerai, dan dua anaknya itu sekarang tinggal bersama beliau (Umar),” ujar Hasan yang mengaku tidak ingat nama mantan istri muda Umar.

Geuchik Hasan berharap pemerintah memberikan bantuan rumah layak huni untuk keluarga miskin korban kebakaran tersebut. “Mereka sudah tua dan sangat miskin, jadi mana sanggup membangun rumah lagi. Semoga ada perhatian dari pemerintah,” pungkasnya.[]

Baca juga: