BerandaSejumlah Partai Politik Bentuk Koalisi Bersama di Lhokseumawe

Sejumlah Partai Politik Bentuk Koalisi Bersama di Lhokseumawe

Populer

LHOKSEUMAWE – Sejumlah partai politik di Lhokseumawe membentuk Koalisi Bersama untuk Lhokseumawe. Koalisi ini dipersiapkan untuk menyambut pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) serentak tahap II yang akan berlangsung Februari 2017 mendatang.

Lantas apa tujuan pembentukan Koalisi Bersama tersebut? Untuk mendapatkan jawaban ini, wartawan portalsatu.com, Datuk Haris Molana mewawancarai Jailani Usman selaku koordinator Koalisi Bersama, Jumat, 4 Maret 2016.

Berikut petikan wawancaranya:

Sudah sejauh mana hasil Koalisi Bersama di Lhokseumawe ini dalam menentukan pasangan kandidat yang akan diusung pada pemilukada 2017 mendatang?

Iya, kita saat ini sedang menggarap dukungan dari teman-teman seluruh partai nasional yang ada, termasuk satu partai lokal yakni Partai Nasional Aceh (PNA). Sampai sekarang kita sedang duduk bersama mencari tokoh potensial yang akan dicalonkan pada pemilihan Wali Kota Lhokseumawe.

Apa tujuan pembentukan koalisi bersama ini?

Melihat pada pemilukada sebelumnya, banyak pasangan calon wali kota dari berbagai partai dan elemen. Namun saat ini, agar masyarakat lebih gampang untuk melakukan pemilihan, maka kita buat suatu wadah dengan menyatukan visi dan misi untuk mencalonkan serta memenangkan satu paket pasangan menuju Wali Kota Lhokseumawe pada pemilukada. Sesuai hasil diskusi antar berbagai partai nasional yang ada, pastinya yang akan kita calonkan nanti tokoh potensial dan mampu menjaga amanah dari rakyat.

Ada berapa figur yang mencuat di internal koalisi tersebut? Siapa saja?

Untuk saat ini kita sedang menjaring berbagai tokoh yang kita pandang layak dan potensial untuk mengikuti pemilihan Wali Kota Lhokseumawe 2017 hingga 2022 mendatang. Tokoh itu tidak hanya dari internal partai melainkan juga dari luar. Siapa saja boleh ikut, baik cendekiawan, akademisi maupun elemen sipil
lainnya. Kita tidak akan membatasi siapa saja yang mau. Namun siapa akan kita calonkan nanti, semuanya hasil keputusan pada duduk lanjutan bersama seluruh partai nasional ditambah satu partai lokal PNA.

Bagaimana mekanisme penjaringan kandidat?

Kita melakukannya dengan cara terbuka. Siapapun yang mau untuk ikut dalam penjaringan calon yang akan kita usung menuju kursi Wali Kota Lhokseumawe dipersilahkan, baik yang ada di Lhokseumawe maupun di luar dan juga boleh dari kalangan manapun.

Kapan akan diumumkan atau dideklarasikan pasangan kandidat dari Koalisi Bersama ini?

Kita akan tunggu hasil revisi regulasi Pilkada yang sedang dibahas di DPR RI. Setelah itu selesai, baru kita tentukan siapa yang akan diusung. Sebab, kemungkinan para calon-calon masuk dalam penjaringan nanti ada yang masih menjadi pejabat di daerah setempat. Untuk itu, dalam regulasi Pilkada, jika mereka pegawai negeri, legislatif maupun eksekutif harus berhenti jika ingin mencalonkan diri. Nah dari itulah kita tunggu revisi aturan itu terlebih dahulu.
Jika direvisi maupun tidak kita bisa ambil sikap nantinya.[](bna)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya