Minggu, Juli 14, 2024

Tanggapan Ketua DPRK Aceh...

ACEH UTARA - Mendagri Tito Karnavian memperpanjang masa jabatan Pj. Bupati Aceh Utara...

Selamat! 2 Siswa Kota...

SUBULUSSALAM - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Pengembangan Talenta...

Besok, Mahyuzar akan Terima...

ACEH UTARA - Dr. Mahyuzar, M.Si., akan menerima Surat Keputusan (SK) Mendagri tentang...

Jabatan Pj Bupati Aceh...

ACEH UTARA - Masa jabatan Penjabat Bupati Aceh Utara, Dr. Mahyuzar, genap satu...
BerandaSpaceX Sukses Terbangkan...

SpaceX Sukses Terbangkan Dua Astronaut NASA ke Luar Angkasa

Perusahaan transportasi luar angkasa, SpaceX, sukses meluncurkan dua astronaut NASA ke luar angkasa. Mereka adalah Doug Hurley dan Bob Behnken.

Roket Falcon 9 besutan SpaceX mengorbit dari Amerika Serikat (AS) untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade.

Mengutip laman The Guardian, Minggu (31/5/2020), peluncuran roket Falcon 9 dan kapsul kru Dragon dari Kennedy Space Center Florida ke International Space Station (ISS) menandai pertama kalinya sejak 2011, manusia telah meluncur ke orbit dari tanah AS.

Doug Hurley dan Bob Behnken menuju ke ISS dalam perjalanan selama 19 jam. Roket Falcon 9 lepas landas di tempat yang sama, saat NASA terakhir kali membawa astronaut ke antariksa pada 2011.

“Ini semua adalah hal paling murni yang ditawarkan AS,” kata Administrator NASA Jim Bridenstine kepada Forbes setelah peluncuran.

“Saat ini adalah masa yang sangat sulit. Tapi saya berharap saat ini adalah kesempatan bagi semua orang untuk merenungkan kemanusiaan dan apa yang bisa kita lakukan ketika kita bekerja bersama,” sambung Bridenstine.

Sempat Tertunda

Misi ini seharusnya berlangsung beberapa hari lalu, namun tertunda karena cuaca buruk. Faktor cuaca ini bahkan sempat membayangi jadwal peluncuran berikutnya, namun akhirnya diputuskan untuk berjalan.

“Ini adalah momen besar, di mana sudah 9 tahun sejak kami punya kesempatan besar seperti ini,” kata Bridenstin menambahkan.

Sementara co-commander NASA Doug Hurley mengucapkan terima kasih atas keberhasilan SpaceX dalam misi ini.

“Terima kasih atas tumpangan manusia pertama untuk Falcon 9,” kata Hurley dari dek penerbangan setelah Dragon mencapai orbit.

“Itu luar biasa … menghargai semua kerja keras dan terima kasih atas perjalanan luar biasa ke ruang angkasa,” tambahnya.[]Sumber:liputan6.com

Baca juga: