BerandaNewsSekali ‘Dayung’ ke Simeulue, Gubernur Nova Laksanakan Sejumlah Agenda

Sekali ‘Dayung’ ke Simeulue, Gubernur Nova Laksanakan Sejumlah Agenda

Populer

SIMEULUE – Gubernur Aceh Nova Iriansyah berkunjung ke Kabupaten Simeulue melaluli angkutan laut dari Pelabuhan Calang, Aceh Jaya, Senin, 1 Februari 2021 petang. Setelah 12 jam perjalanan, Selasa, 2 Februari sekira pukul 08.30 WIB tiba di Sinabang, ibu kota Kabupaten Simeulue.

Agenda pertama Gubernur Nova dalam kunjungan ini yakni mengantar KMP Aceh Hebat-1, kapal angkutan laut yang diadakan Pemerintah Aceh rute penyeberangan Simeulue-Calang. Sama seperti saat mengantar KMP Aceh Hebat-2 rute Pelabuhan Ulee Lheue-Balohan, Sabang dan KMP Aceh Hebat-3 kapal rute penyeberangan Singkil-Pulau Banyak beberapa waktu lalu.

Namun sesuai siaran pers yang diterima portalsatu.com, meski tujuan utama Nova mengantar KPM Aceh Hebat-I dengan menumpangi langsung kapal tersebut, Gubernur Aceh ini turut melaksanakan sejumlah agenda lainnya yakni mengantar langsung obat vaksin Covid-19 ke Kabupaten Simeulue yang diangkut sekalian oleh KMP Aceh Hebat-I, melantik pengurus Forum Paguyuban Mahasiswa dan Pemuda Aceh (FPMPA) masa bakti 2020-2023 dan melakukan peletakan batu pertama proyek multiyears di kabupaten kepulauan itu.

Pelantikan pengurus FPMA digelar oleh Gubernur Nova di gladak KMP Aceh Hebat-1, Senin, 1 Februari 2021 malam sekira pukul 21.00 WIB. Pelantikan di dalam kapal itu digelar ketika kapal (Aceh Hebat-1) sudah sekitar 4 jam berlayar atau meninggalkan Pelabuhan Calang.

Gubernur Aceh, Ir.H. Nova Iriansyah, M.T, saat melantik Pengurus Besar Forum Paguyuban Mahasiswa dan Pemuda Aceh (FPMPA) Periode 2020-2023 di KMP Aceh Hebat 1, Senin (1/2/2021) malam. Ist

Melalui sambutan pelantikan Nova menyebutkan, peristiwa tersebut merupakan sejarah baru yang unik, sebab kepengurusan sebuah organisasi dilantik di tengah lautan. Sejarah itu menurut Gubernur Nova bukan hanya dilihat dari sisi lokasinya, tapi juga kapalnya, sebab pelantikan ini dilaksanakan di sebuah kapal baru yang sedang berlayar untuk uji coba rute dari Calang menuju Sinabang.

“Harapan saya, sejarah ini dapat mendorong semangat pengurus Forum Paguyuban Mahasiswa dan Pemuda Aceh agar mampu menjalankan roda organisasi dengan lebih baik lagi,” ujar Gubernur.

Gubernur juga mengatakan, di era keterbukaan ini peran pemuda dalam pembangunan semakin strategis. Peran itu sangat dibutuhkan untuk mendukung pembinaan sumber daya manusia, mendorong suksesnya program pemerintah, dan untuk mempercepat transformasi pengetahuan agar generasi muda siap bersaing di kancah global.

Guna memperlancar pencapaian tujuan itu, generasi muda disebut membutuhkan wadah agar dapat mengaktualisasikan dirinya untuk lebih berkembang. Melalui wadah tersebut, pemuda bisa meningkatkan kemampuan dan menyumbangkan pemikiran demi terciptanya perubahan di masyarakat.

Gubernur Nova pada kesempatan itu kembali menyatakan bahwa dirinya sama sekali tidak anti kritik. Pemerintah Aceh, lanjut Gubernur, selalu terbuka untuk setiap masukan yang bersifat membangun atau konstruktif yang disampaikan dengan cara-cara yang patut dan elegan. “Pemerintah tidak anti kritik. Kami terbuka untuk setiap masukan,” tandas Gubernur.

Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah. MT memberikan sambutan dan arahan pada acara Ground Breaking Peningkatan Jalan Sinabang-Sibigo dan Pembangunan Bendung D.I. Irigasi Sigulai (MYC) di Kabupaten Simeulue, Selasa, (2/2/2021). Ist

Momen selanjutnya yakni peletakan batu pertama pembangunan dua ruas jalan dan irigasi yang menggunakan skema kontrak multiyears atau tahun jamak di Kabupaten Simeulue, Selasa, 2 Februari 2021 saat meninjau ruas jalan Sinabang-Sibigo.

Ada dua ruas jalan dan satu irigari untuk proyek multiyears di Kabupaten Simeulue yaitu pengaspalan Jalan Sinabang – Sibigo panjang 17,5 km dengan nilai kontrak Rp76,1 miliar dikerjakan oleh PT. Aceh Lintas Sumatera. Kemudian pengaspalan Jalan Nasreuhe–Lewak–Sibigo panjang 80 km dengan nilai kontrak Rp114,6 miliar dilaksanakan oleh PT. Flamboyant Huma Arta. Selanjutnya, pembangunan Bendung Daerah Irigasi Sigulai Kabupaten Simeulue, dengan nilai kontrak Rp.174,2 milar yang akan dilaksanakan oleh PT. Perapen Prima Mandiri.

“Dengan ini peningkatan Jalan Sinabang–Sibigo, peningkatan Jalan Nasreuhe–Lewak–Sibigo dan pembangunan Bendung Daerah Irigasi Sigulai Saya nyatakan dimulai pembangunannya,” ujar Nova saat peletakan batu pertama proyek tersebut.[-]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya