Selasa, Juli 23, 2024

Dinkes Gayo Lues Keluhkan...

BLANGKEJEREN - Dinas Kesehatan Kabupaten Gayo Lues mengeluhkan proses pencairan keuangan tahun 2024...

H. Jata Ungkap Jadi...

BLANGKEJEREN – H. Jata mengaku dirinya ditunjuk Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menjadi Pj....

Bandar Publishing Luncurkan Buku...

BANDA ACEH - Penerbit Bandar Publishing Banda Aceh meluncurkan sekaligus dua karya Dr....

Rombongan Thailand Selatan Kunjungi...

BANDA ACEH – Delegasi dari berbagai lembaga di Thailand Selatan mengunjungi Kantor Partai...
BerandaBerita BireuenAbu Tumin Wafat

Abu Tumin Wafat

BIREUEN – Aceh kembali berduka. Ulama kharismatik Aceh, Tgk. Muhammad Amin Mahmud akrab disapa Abu Tumin Blang Bladeh berpulang ke Rahmatullah, di RSUD dr. Fauziah, Bireuen, Selasa, 27 September 2022, pukul 15:45 WIB.

Abu Tumin dilaporkan meninggal dunia dalam perawatan di rumah sakit karena faktor kesehatannya dalam beberapa bulan terakhir. Sebelumnya Abu Tumin sempat menjalani perawatan di Malaysia dan juga Banda Aceh, terakhir di RSUD dr. Fauziah Bireuen.

Abu Tumin adalah pimpinan Dayah Al-Madinatuddiniyah Babussalam di Blang Bladeh, Kecamatan Jeumpa, Bireuen.

Informasi wafatnya ulama kharismatik Aceh pada usia 90 tahun tersebut dengan cepat menyebar di kalangan masyarakat melalui pesan whatapps dan media sosial lainnya.

H. Mukhlis, seorang pengusaha Bireuen yang sedang berada di Banda Aceh turut berduka begitu menerima informasi berpulangnya Abu Tumin. “Abu Tumin sudah meninggal dunia,” ucap Haji Mukhlis yang terlihat sejenak merenung.

Sadriah, istri Haji Mukhlis yang mendengar informasi itu mengatakan Aceh kehilangan sosok ulama yang menurutnya mempunyai kharisma luar biasa dan sangat dihormati. “Tentunya kita semua merasa kehilangan,” ucapnya.

Ia mengatakan di masa hidupnya, Abu Tumin selalu menyempatkan diri untuk hadir pada setiap acara yang digelar keluarganya.

Informasi diterima portalsatu.com dari Bireuen, jenazah Abu Tumin, sekitar pukul 16.30 WIB sudah dibawa dengan ambulans dari RSUD dr. Fauziah Bireuen ke rumah duka di Blang Bladeh, Kecamatan Jeumpa, Bireuen.[](Murdeli)

Baca juga: