Senin, Juli 22, 2024

Tokoh Masyarakat Kota Sigli...

SIGLI - Para tokoh masyarakat dari 15 gampong dalam Kecamatan Kota Sigli menyatakan...

Tim Polres Aceh Utara...

LHOKSUKON – Kapolres Aceh Utara AKBP Nanang Indra Bakti, S.H., S.I.K., bersama jajarannya...

Pasar Malam di Tanah...

SIGLI - Kegiatan hiburan Pasar Malam yang digelar di tanah wakaf Tgk. Dianjong,...

Tutup Dashat, Kepala DPMPPKB...

ACEH UTARA – Kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) yang dilaksanakan secara serentak...
BerandaBerita Gayo LuesAmru Ajak Masyarakat...

Amru Ajak Masyarakat Dukung Pemberantasan Narkoba

BLANGKEJEREN – Bupati Gayo Lues H Muhammad Amru mengajak masyarakat negeri seribu bukit tersebut untuk mendukung pemberantasan penyalahgunaan narkoba. Ia menyebutnya sebagai upaya menghentikan generasi “teler”.

Hal itu disampaikan Amru saat menjadi narasumber pada Rapat Kerja Program Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkotika dan Obat-obat Terlarang (Narkoba) Instansi Pemerintahan di Hotel Nusa Indah, Kecamatan Blangkejeren, Kamis, 1 April 2021.

“Orang tua harus rela mengeluarkan uang banyak ketika anaknya masih kecil demi menadapat pendidikan keagamaan, cinta Alquran, dari pada mengeluarkan uang lebih banyak lagi ketika anaknya sudah terjerumus menggunakan Narkoba. Sehingga anak kita ini menjadi terhormat ketika sudah besar, bukan menjadi generasi teler,” imbaunya.

Baca Juga: Mukim Teritit Lakukan Pemetaan Wilayah Adat.

Amru membandingkan, seorang anak yang belajar tentang Agama Islam lebih memiliki tata kerama ketimbang seorang anak yang belajar ilmu lainya. Begitu juga dengan permasalahan Narkoba, anak yang mempelajari Alquran atau belajar agama Islam lebih sedikit terjerumus menggunakan Narkoba ketimbang belajar yang lainnya.

“Dan satu lagi, Kibus (pemberi informasi kepada penegak hukum) harus dijadikan pahlawan. Jangan yang seperti pemahaman belakangan ini, bahwa Kibus itu adalah seorang penghianat dan penyusah keluarga orang, hal seperti ini harus kita ubah,” jelasnya.

Sementara Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Gayo Lues Fauzul Iman mengatakan, untuk mencegah dan meningkatnya generasi teler di Gayo Lues, BNNK akan terus melakukan bimbingan teknis (Bimtek), mulai dari tingkat sekolah, keluarga, dan masyarakat.

“Kita harus memberikan pemahaman kepada keluarga bagaimana cara menolak Narkoba, terkait bahaya Narkoba, serta membimbing ketahanan keluarga. Sehingga orang tua memahami cara menghindari anak terjerumus mengunakan Narkoba dan tahu bagaimana mengatasi anak yang telah mengkonsumsi Narkoba, seperti melapor untuk dilakukan rehab atau yang lainya,” katanya.[]

Baca Juga: Wahda Pimpin HKTI Subulussalam.

Baca juga: