BerandaAngin Kencang Dominasi Bencana di Sabang

Angin Kencang Dominasi Bencana di Sabang

Populer

SABANG – Badan penaggulangan bencana daerah BPBD kota Sabang, mencatat 37 kejadian alam di kota Sabang, Sepanjang tahun 2015 hingga awal tahun 2016, yang didominasi angin kencang dan berakibat terhadap kerusakan atap rumah masyarakat.

Kepala badan penaggulangan bencana daerah BPBD kota Sabang T. Zakaria Albahri, melalui kepala bidang rekontruksi dan rehabilitasi Toibah Rusli kepada Portalsatu.com Siang tadi menjelaskan, dari 37 kejadian musibah itu, 28 diantaranya angin kencang yang rata- rata terjadi pada awal tahun 2016.

“Kebanyakan kejadian angin kencang, 19 kejadian. Longsor 3, pohon tumbang dan gelobang besar hingga perahu rusak 1 kali, kebakaran 4 kali. Untuk 2016 ini sampai maret 9 kali angin kencang, akibatnya banyak rumah rusak,” kata Toibah, Jumat 11 Maret 2016.

Dia mengatakan, untuk mengurangi dampak atas musibah tersebut, perlu kesadaran dari masyarakat. Baik dalam menjaga kelestarian hutan, pencegahan pengambilan batu gunung dan penggalian pasir.

“Untuk antisipasi itu kembali ke masyarakat. Harus menjaga alam sekitar. Baik itu penebangan pohon, pengambilan batu gunung, jadi bagi masyarakat harus bisa sama- sama menjaga lah,” ujarnya.

Menurut data yang dihimpun, sepanjang tahun 2015 hingga awal maret 2016, sejumlah desa yang terkena dampak dari kejadian alam tersebut antara lain, desa Paya seunara, desa Cot ba’u, Iboih, Ie meulee, Beurawang, Cot preh, Anoi Itam, Batee Shok, Jaboi, Ujong kareng, dan desa Kuta Timu.[](tyb)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya