Senin, Juli 22, 2024

Tokoh Masyarakat Kota Sigli...

SIGLI - Para tokoh masyarakat dari 15 gampong dalam Kecamatan Kota Sigli menyatakan...

Tim Polres Aceh Utara...

LHOKSUKON – Kapolres Aceh Utara AKBP Nanang Indra Bakti, S.H., S.I.K., bersama jajarannya...

Pasar Malam di Tanah...

SIGLI - Kegiatan hiburan Pasar Malam yang digelar di tanah wakaf Tgk. Dianjong,...

Tutup Dashat, Kepala DPMPPKB...

ACEH UTARA – Kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) yang dilaksanakan secara serentak...
BerandaNewsApa Kabar Pengungsi...

Apa Kabar Pengungsi Rohingya di Bayeuen

IDI RAYEK – Sekian lama tak diperbincangkan kini pengungsi asal Rohingya dan Banglades yang berada di kamp pengungsian gampong Bayeun, kecamatan Rantau Seulamat, kabupaten Aceh Timur, dikabarkan jumlahnya semakin sedikit, dari data semula warga Rohigya dan Banglades berjumlah 530 orang kini sisanya menjadi 115 orang. Pasalnya  saat ini belum ada kepastian resmi dari pihak terkait  yang bakal diberikan untuk menentukan nasib mereka kedepan.

“Memang benar jumlah mereka saat ini semakin sedikit, namun untuk data pasti saya belum bisa memberikan, karena jumlah itu ada dipihak Imingrasi kota Langsa,  sementara untuk  warga Banglasdes sudah kita pulangkan semua,” ujar Asisten II Setdakab Aceh Timur Usman A. Rachman menjawab portalsatu.com saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Selasa, 12 Januari 2016.

Usman mengaku, selama ini memang ada warga Rohingya yang sudah bergabung dengan keluarganya di kamp pengungsian Langsa, dan juga ada yang lari dalam beberapa gelombang.

“Untuk pengawasan itu kita perlu multi pihak untuk menjaganya, kita juga tidak mampu membendungi sampai ke situ,” katanya.

Meskipun jumlahnya sedikit, Usman mengatakan pemerintahan Aceh Timur tetap memberikan pelayanan dan penanganan  sesuai standar pengungsian terhadap pengungsi Rohingya.

“Ada beberapa hal yang saat ini sedang kita  bincangkan dengan beberapa NGO yang menangani masalah Rohingya, di antaranya ada tiga opsi yang sedang dibahas dan sampai sekarang belum ada titik temu. Namun sebelum itu tercapai kita tetap berikan pelayanan kepada mereka sesuai standar pengungsian,” kata Usman.

Untuk opsi yang sedang dibicarakan, sebut Usman, di antaranya, mencari negara ketiga sebagai penampung, kedua mencari pulau lain untuk keamanan mereka etnis Rohingya dan ketiga dikembalikannya kenegara asal.

“Nah ketiga opsi itu lah yang belum dtemukan win- win solustion-nya saat ini,” kata Usman.[](tyb)

Baca juga: