Minggu, Juli 14, 2024

Tanggapan Ketua DPRK Aceh...

ACEH UTARA - Mendagri Tito Karnavian memperpanjang masa jabatan Pj. Bupati Aceh Utara...

Selamat! 2 Siswa Kota...

SUBULUSSALAM - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Pengembangan Talenta...

Besok, Mahyuzar akan Terima...

ACEH UTARA - Dr. Mahyuzar, M.Si., akan menerima Surat Keputusan (SK) Mendagri tentang...

Jabatan Pj Bupati Aceh...

ACEH UTARA - Masa jabatan Penjabat Bupati Aceh Utara, Dr. Mahyuzar, genap satu...
BerandaNewsBom Meledak di...

Bom Meledak di Dekat Mesjid Biru Istanbul, 10 Orang Tewas

ISTANBUL – Sepuluh orang tewas dalam ledakan di Distrik Sultanahmet (Blue Mosque) atau Masjid Biru, Istanbul, Turki, Selasa pagi 12 Januari 2016.

Kantor gubernur provinsi melaporkan 15 terluka dalam ledakan di daerah sekitar Blue Square pada 10:20 waktu setempat (0820GMT). Ledakan itu terjadi di antara paling populer di Istanbul, yaitu Masjid Sultan Ahmed (Masjid Biru) dan Hagia Sophia (Hagia Sofia).

Spekulasi awal bom bunuh diri yang disarankan telah diledakkan meskipun tidak ada konfirmasi resmi. Seorang pemilik toko di tempat kejadian, Ozdemir, 45, mengatakan ia mendengar ledakan itu.

“Saya belum pernah mendengar ledakan keras seperti itu dalam hidup saya,” katanya kepada Anadolu Agency.

“Itu sangat kejam. Seketika setelah kejadian itu aku melihat para pengunjung terjerembab terkejut jatuh ke tanah. “

Polisi mengepung alun-alun dan menutup layanan trem lokal untuk sementara ke tempat-tempat wisata.

Kawasan Istanbul bagian Eropa adalah tempat banyak situs budaya dan wisata paling populer di kota ini, dilengkapi ratusan hotel dan restoran. Alun-alunnya dihiasi dengan taman-taman, air mancur dan bangku-bangku. Biasanya Istanbul dipadai dengan para turis sepanjang hari.

Turki telah menghadapi serangan terbaru dari kelompok sayap kiri dan organisasi teroris Daeshin, danmenguatkan kampanye anti teror untuk menumpaskan organisasi teroris PKK di Tenggara Turki.

Setahun lalu seorang wanita dan seorang polisi terbunuh ketika bom bunuh diri meledak di sebuah kantor polisi, beberapa puluh meter dari Sultanahmet Square.

Di tempat lain, ada serangan teror terkait dengan Daeshin. Pada bulan Oktober 2015, 103 orang tewas dalam serangan bom bunuh diri kembar di ibukota Turki, Ankara, sementara lebih dari 30 tewas dalam ledakan di Surudj, dekat perbatasan Suriah, pada bulan Juli 2015.[](tyb)

Sumber: Anadolu Agency (aa.com.tr)

Baca juga: