Rabu, Juli 24, 2024

Tinjau Venue PON XII,...

SIGLI - Pemerintah Kabupaten Pidie meminta rekanan terus memacu pekerjaan tiga venue yang...

Wali Nanggroe dan Mualem...

JAKARTA – Wali Nanggroe Aceh Paduka Yang Mulia Tgk. Malik Mahmud Al Haythar...

Balai Syura: Perempuan Aceh...

BANDA ACEH - Balai Syura Ureung Inong Aceh dan seluruh elemen gerakan perempuan...

Pemko Subulussalam dan Pemkab...

SUBULUSSALAM - Pemerintah Kota (Pemko) Subulussalam menjalin kerja sama atau MoU dengan Pemerintah...
BerandaInspirasiTeknoBerdakwah Indah di...

Berdakwah Indah di Ruang Digital

KARANGBARU – Rangkaian Webinar Literasi Digital di Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh kembali bergulir. Pada Kamis, 23 September 2021 pukul 09.00 hingga 12.00 WIB, telah dilangsungkan Webinar bertajuk “Berdakwah Indah di Ruang Digital”.

Kegiatan massif yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Direktorat Pemberdayaan informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI ini bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif-nya untuk mengidentifikasi hoaks serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet.

Pengguna internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 202,6 juta jiwa. Total jumlah penduduk Indonesia sendiri saat ini adalah 274,9 juta jiwa. Ini artinya, penetrasi internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 73,7 persen.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan Indonesia masih memiliki pekerjaan rumah terkait literasi digital.

“Hasil survei literasi digital yang kita lakukan bersama siberkreasi dan katadata pada 2020 menunjukkan bahwa indeks literasi digital Indonesia masih pada angka 3,47 dari skala 1 hingga 4. Hal itu menunjukkan indeks literasi digital kita masih di bawah tingkatan baik,” katanya lewat diskusi virtual.

Dalam konteks inilah webinar literasi digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo RI ini menjadi agenda yang amat strategis dan krusial, dalam membekali seluruh masyarakat Indonesia beraktifitas di ranah digital.

Pada webinar yang menyasar target segmen santri, mahasiswa, dan guru, dihadiri oleh sekitar 790 peserta daring ini, hadir dan memberikan materinya secara virtual, para narasumber yang berkompeten dalam bidangnya. Yakni Dr. Nandang Koswara, Dosen Program Doktoral, Pendakwah; Rasid, S.Sos, M.A., M.Ud., Editor Jurnal Community Online Fakultas Dakwah UIN Jakarta; Muliadi Saputra (Adiesa), Content Creator, Media Analyst; dan Ikhsan Hadi, S.Psi., Pengajar di Dar Faqih Qur’ani. Leon Ray Legoh sebagai Key Opinion Leader (KOL) dan memberikan pengalamannya.

Para narasumber tersebut memperbincangkan tentang 4 pilar literasi digital, yakni Digital Culture, Digital Ethic, Digital Safety dan Digital Skill.

Para peserta mengikuti dengan antusias seluruh materi yang disampaikan dalam webinar ini, terlihat dari banyaknya tanggapan dan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada para narasumber. Seperti Ridhwan yang bertanya bagaimana cara kita berdakwah untuk generasi muda yang gaul supaya tersampaikan dengan baik, karena anak muda biasa anak muda susah untuk diajak berdakwah?

Narasumber Ikhsan Hadi, S.Psi., menanggapi ketika kita menyampaikan informasi tertentu, kita harus lihat dulu situasinya, kontennya dan siapa yang menjadi pendengarnya. Mau tidak mau kita harus menyesuaikan dengan audience agar pesan dapat tersampaikan dan bisa didengarkan oleh khalayak. Dengan menyampaikan isu-isu agama melalui keadaan audience maka pesan tersebut dapat sampai. Jika kita menyampaikan pesan dan bertumpu pada kebaikan maka Insya Allah hasilnya pun akan menuju ke arah kebaikan.

Webinar ini merupakan satu dari rangkaian webinar yang diselenggarakan di Kabupaten Aceh Tamiang. Masyarakat diharapkan dapat hadir pada webinar-webinar yang akan datang.[](ril)

Baca juga: