Minggu, Juli 21, 2024

Tokoh Masyarakat Kota Sigli...

SIGLI - Para tokoh masyarakat dari 15 gampong dalam Kecamatan Kota Sigli menyatakan...

Tim Polres Aceh Utara...

LHOKSUKON – Kapolres Aceh Utara AKBP Nanang Indra Bakti, S.H., S.I.K., bersama jajarannya...

Pasar Malam di Tanah...

SIGLI - Kegiatan hiburan Pasar Malam yang digelar di tanah wakaf Tgk. Dianjong,...

Tutup Dashat, Kepala DPMPPKB...

ACEH UTARA – Kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) yang dilaksanakan secara serentak...
BerandaBPJS Ketenagakerjaan Sosialisasi...

BPJS Ketenagakerjaan Sosialisasi Jaminan Sosial Bagi BUMG

BADAN hukum publik yang bertugas melindungi seluruh pekerja melalui 4 program jaminan sosial ketenagakerjaan iaitu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan mengadakan sosialisasi yang berlangsung di Aula serbaguna hotel Hermes Palace, 14 Agustus 2018.

Acara yang bertema “Sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan dan Perisai Terhadap Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)” tersebut dipaparkan oleh beberapa narasumber.

Di antaranya, Deputi direktur bidang perluasan kepesertaan Cota Sembiring, Umardin Lubis Deputi Direktur wilayah Sumbagut, dan Teguh Wiyono.

Efa Zuryadi, selaku Kepala Cabang Banda Aceh, mengatakan, sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan mempunyai 4 program utama jaminan sosial di antaranya, Kecelakaan Kerja, Kematian, Hari Tua dan Pensiun, diikuti oleh lebih dari 250 peserta dari berbagai unsur latar belakang pekerjaan, terutama mereka para pelaku Usaha Milik Desa (BUMDes atau BUMG) juga dari unsur unsur lainnya.

“Hampir dari sekalian peserta yang hadir, mereka itu adalah para pelaku usaha di desanya masing masing. Juga ada dari berbagai unsur lainnya,” ujar kata Efa kepada portalsatu.com, Selasa, 14 Agustus 2018.

Menurutnya, BPJS Ketenagakerjaan berbeda dan sama sekali tidak sama dengan BPJS Kesehatan. Untuk menjadi peserta program BPJS Ketenagakerjaan, pemberi kerja ataupun pekerja melakukan pendaftaran dengan beberapa cara.

“Caranya. Pertama, menghubungi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat atau secara online melalui website BPJS Ketenagakerjaan (www.bpjsketenagakerjaan.go.id) atau bisa juga melalui BPJS Ketenagakerjaan Service Point Office bank kerjasama. Lalu, mengisi formulir untuk pendaftaran perusahaan (F1). Kemudian, mengisi formulir untuk pendaftaran pekerja (F1a). Terakhir, membayar iuran pertama sesuai dengan jumlah yang dihitung dan ditetapkan BPJS Ketenagakerjaan,” kata Efa.[](*)

Baca juga: