BerandaBerita Banda AcehBPKS Sabang Dukung Dishub Aceh Kelola Pelabuhan Balohan Optimalkan Pelayanan

BPKS Sabang Dukung Dishub Aceh Kelola Pelabuhan Balohan Optimalkan Pelayanan

Populer

SABANG – Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS), Iskandar Zulkarnain, mendukung langkah Pemerintah Aceh untuk mengelola sistem pelayanan, operasional, dan keselamatan, pengguna layanan Pelabuhan Penyeberangan Balohan.

Iskandar Zulkarnain menyampaikan hal itu dalam rapat koordinasi dengan pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Aceh di Ruang Rapat Kepala BPKS Sabang, Senin, 14 Maret 2022.

Menurut Zulkarnain, langkah yang diambil Pemerintah Aceh melalui Dishub Aceh itu untuk mengoptimalkan pelayanan, operasional, dan keselamatan publik, sesuai dengan surat Gubernur Aceh Nomor 552/4119 tanggal 11 Maret 2022 tentang Pengelolaan Pelabuhan Penyeberangan Balohan.

“Kita tidak ingin kondisi Pelabuhan Penyeberangan Balohan terkesan tidak dikelola dengan profesional. Saya sepakat dengan tawaran kerja sama Dinas Perhubungan Aceh, semua itu demi pelayanan dan keselamatan publik, terkait aturan dan ketentuan hukum lainnya merupakan konsekuensi dan tanggung jawab saya sebagai Kepala BPKS,” tegas Zulkarnain.

Zulkarnain menambahkan tawaran yang diajukan pihak Dishub Aceh bukanlah bentuk pengambilalihan pengelolaan aset milik BPKS. Namun bentuk menjalankan dan mengelola operasional pelabuhan sebagaimana mestinya dan memenuhi standar pelayanan, termasuk sisi pengawasan keselamatan baik penumpang maupun pelayaran.

Kabid Kepelabuhanan Dishub Aceh, Husaini, mengatakan saat ini prioritasnya mempersiapkan pelayanan masyarakat, khususnya di sektor kepelabuhanan termasuk pelabuhan penyeberangan Balohan Sabang. Semua kegiatan atau operasional yang akan dilaksanakan di area pelabuhan Balohan dan tidak terlepas komunikasi dengan Pemko Sabang dan BPKS.

“Kita belum mengarah pada sisi finansial, karana saat ini prioritas kita adalah bagaimana meningkatkan pelayanan secara maksimal. Kami hadir di sini demi kepentingan masyarakat karena pemerintah bertanggung jawab atas pelayanan dan keselamatan publik,” tandasnya.

Dishub Aceh sudah menurunkan tim verifikasi untuk melihat dan mendata berbagai kebutuhan di pelabuhan Balohan seperti listrik, rambu-rambu, pengoperasian loket layanan, musala, area parkir, serta fasilitas lainnya, yang secara keseluruhan harus diselesaikan sampai 18 Maret 2022, tegas Husaini.

Apalagi, dalam waktu dekat ini Sabang akan dijadikan sebagai destinasi wisata Ikatan Dokter Indonesia (IDI), karena Banda Aceh telah ditetapkan sebagai tuan rumah Muktamar IDI XXXI yang akan digelar pada 22-25 Maret 2022 mendatang. Diperkirakan peserta mencapai 3.000 orang dari seluruh Indonesia, kata Husaini.

Dalam pertemuan itu, Dishub Aceh melalui Kabid Kepelabuhanan Husaini menyerahkan berita acara surat Perjanjian Pengelolaan Pelabuhan Penyeberangan Balohan kepada Kepala BPKS yang disaksikan Wakil Kepala BPKS, T. Zanuarsyah, Deputi Umum Abdul Manan, Deputi Tekbang, Azwar Husein, dan Deputi Komersial dan Investasi Erwanto.

Dari Dishub Aceh, selain Kabid Kepelabuhanan Husaini, juga hadir Kasi Tata Ruang Transportasi dan Lingkungan Muhajir, Staf Bidang Pelayaran Ardian, dan Kadishub Sabang Husaini dan Kabid Laut dan Udara Agustiar.[](ril)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya