BerandaBerita AcehBPN Lhokseumawe Berikan Sertifikat Gratis Untuk Aset PWI

BPN Lhokseumawe Berikan Sertifikat Gratis Untuk Aset PWI

Populer

JAKARTA – Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Lhokseumawe memberikan sertifikat gratis untuk aset tanah kantor PWI Kota Lhokseumawe.

Penyerahan sertifikat gratis dari BPN Lhokseumawe diterima Ketua PWI setempat Sayuti Achmad didampingi sejumlah pengurus dan anggota di ruang kerja Kepala BPN Kota Lhokseumawe, Muliadi, S.SiT., M.M., beberapa waktu lalu.

Ketua PWI Lhokseumawe, Sayuti Achmad, mengapresiasi BPN Kota Lhokseumawe yang memproses sertifikat hak milik kantor PWI Lhokseumawe dengan cepat.

“Tidak sampai sebulan setelah kami serahkan dokumen-dokumen penting, langsung petugas BPN melakukan verifikasi, cek fisik dan pengukuran. Tidak lama kemudian sertifikat aset hak milik PWI Lhokseumawe sudah terbit. Pihak BPN tidak memungut biaya sepeserpun dalam pengurusan sertifikat ini,” kata Sayuti Achmad dalam keterangan tertulis, Kamis, 25 April 2024.

Sayuti menjelaskan pengurusan sertifikat aset hak milik yang dilakukan PWI Lhokseumawe merupakan petunjuk lisan Ketua Umum PWI Pusat, Hendry CH. Bangun, dan Sekjen PWI Pusat, Sayid Iskandarsyah. “Karena sertifikasi aset PWI di seluruh Indonesia merupakan salah satu program utama PWI Pusat”.

Sebelumnya pengurus PWI Pusat usai dilantik langsung mengadakan audensi dengan Menteri ATR/BPN, Hadi Tjahjanto, di Jakarta untuk membicarakan sertifikasi aset PWI di seluruh Indonesia. “Berangkat dari itu PWI Lhokseumawe melakukan langkah-langkah untuk mendukung program PWI Pusat sebagai amanah yang wajib dilaksanakan di tingkat bawah,” kata Sayuti.

Ketua Umum PWI Pusat, Hendry CH. Bangun, mengapresiasi langkah PWI Lhokseumawe melakukan sertifikasi terhadap aset PWI. “Semoga apa yang dilakukan PWI Lhokseumawe dapat menjadi contoh, perlu diikuti semua PWI provinsi dan PWI kabupaten/kota lainnya di Indonesia,” ujarnya, dikutip dari rilis PWI Lhokseumawe.

Hendry menyebut masih banyak aset PWI di sejumlah provinsi dan kabupaten/kota yang belum punya sertifikat hak milik. “Ini perlu disertifikasi agar terhindar dari sengketa di kemudian hari,” ucapnya.

Dalam masa kepengurusan PWI Pusat dipimpin Hendry, baru PWI Lhokseumawe yang berhasil mengurus sertifikasi aset organisasi ini. “Saya dapat kabar bahwa itu gratis, luar biasa. Kita perlu apresiasi pengurus PWI Lhokseumawe, tentunya di bawah koordinasi PWI Aceh,” ujar Hendry.

PWI Pusat juga mengapresiasi Kepala Kantor BPN Kota Lhokseumawe yang telah membantu PWI. “Karena dalam PD PRT PWI disebutkan, semua aset PWI baik di propinsi maupun kabupaten/kota adalah hak milik PWI Pusat dan dikelola serta dirawat oleh PWI setempat”.

“BPN Lhokseumawe juga telah melaksanakan amanah Menteri ATR/BPN yang disampaikan kepada pengurus PWI Pusat dalam kunjungan kerja pengurus PWI Pusat ke Kantor Kementerian ATR/BPN di Jakarta, beberapa waktu lalu,” tutur Hendry.[](rilis)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya