Jumat, Juli 19, 2024

Ini Kata Camat Tanah...

ACEH UTARA - Pemerintah sedang melakukan pendataan bangunan yang rusak akibat diterjang badai...

JPU Tuntut Lima Terdakwa...

BANDA ACEH - Jaksa Penuntut Umum menuntut empat terdakwa perkara dugaan korupsi pada...

Abu Razak Temui Kapolda,...

BANDA ACEH – Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh H. Kamaruddin...

Diterjang Badai, Lapak Pedagang...

ACEH UTARA - Banyak lapak pedagang dan warung di sepanjang jalan Simpang Rangkaya,...
BerandaCara Mengatasi Jet...

Cara Mengatasi Jet Lag

Perjalanan panjang menggunakan pesawat terkadang membuat seseorang mengalami jet lag karena terganggunya ritme tubuh. Lantas apa yang bisa dilakukan kala jet lag menyerang?

1. Minum vitamin D dan B
Vitamin B12 merupakan bahan alami untuk menjaga kewaspadaan tubuh sekaligus memberi tenaga. Sementara vitamin D dalam wujud alami atau suplemen berhubungan dengan kadar melatonin dalam tubuh yang membantu tubuh agar siap untuk tidur. Jangan lupa paparkan diri di bawah sinar matahari pagi.

2. Hindari kafein dan alkohol
Saat jet lag melanda, sementara waktu sebaiknya hindari kafein. Zat yang terkandung dalam kopi bisa membuat dehidrasi Anda dan berujung menyebabkan jet lag Anda lebih buruk.

3. Hidrasi tubuh
Penerbangan panjang bisa membuat Anda kaku, lelah dan sangat dehidrasi. Minum banyak air sebelum, selama dan setelah perjalanan Anda untuk mengurangi gejala jet lag.

4. Batasi paparan cahaya  
Cara ini mungkin cara paling efektif mengatasi kelelahan Anda. Jet lagterjadi saat ritme sirkadian Anda keluar jalur sehingga, membuat Anda merasa lelah. Memanipulasi paparan cahaya dapat membantu mengatur ulang ritme ini. Batasi jumlah paparan cahaya buatan (lampu), misalnya dengan memakai kacamata hitam.

5. Lakukan gerakan ringan
Bepergian dalam jangka waktu panjang bisa menimbulkan stres dan bisa membuat efek jet lag semakin parah. Mengikuti sesi yoga dapat membantu Anda rileks. Atau Anda dapat melakukan gerakan-gerakan ringan.

6. Minum jus
Asupan nutrisi akan membantu menyegarkan dan melembabkan kembali tubuh, sekaligus memberi sistem kekebalan tubuh. Demikian seperti dilansir laman Health.com.[]Sumber:republika

Baca juga: