Minggu, Juli 14, 2024

Tanggapan Ketua DPRK Aceh...

ACEH UTARA - Mendagri Tito Karnavian memperpanjang masa jabatan Pj. Bupati Aceh Utara...

Selamat! 2 Siswa Kota...

SUBULUSSALAM - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Pengembangan Talenta...

Besok, Mahyuzar akan Terima...

ACEH UTARA - Dr. Mahyuzar, M.Si., akan menerima Surat Keputusan (SK) Mendagri tentang...

Jabatan Pj Bupati Aceh...

ACEH UTARA - Masa jabatan Penjabat Bupati Aceh Utara, Dr. Mahyuzar, genap satu...
BerandaBerita Banda AcehChaidir Raih Peringkat...

Chaidir Raih Peringkat I Diklat Kepemimpinan Administrator Pemerintah Aceh

LHOKSEUMAWE – Kepala UPTD V Badan Pengelolaan Keuangan Aceh (BPKA) Wilayah Lhokseumawe, Chaidir, S.E., M.M., menjadi peserta dengan prestasi sangat memuaskan yakni peringkat I dalam Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kepemimpinan Administrator Angkatan I Tahun 2022 bagi aparatur di lingkungan Pemerintah Aceh.

Kegiatan diselenggarakan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Aceh itu berlangsung di Aula BPSDM Aceh, Banda Aceh, 14-17 Desember 2022. Kegiatan itu digelar dalam rangka Aktualisasi Kepemimpinan Kinerja sesuai Keputusan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor: 375/k.1/PDP.07/2022, tanggal 9 Juni 2022 tentang Pelatihan Struktural Kepemimpinan. Pengumuman peserta terbaik disampaikan pada acara penutupan, Sabtu (17/12).

Diklat tersebut diikuti 32 pejabat eselon III dari berbagai SKPA di lingkungan Pemerintah Aceh. Dari total tersebut terpilih 5 peserta dengan predikat terbaik.

Chaidir dinobatkan sebagai predikat terbaik I dengan judul aksi perubahan “Samsat Jempol Cedah”, yang merupakan layanan unggulan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tahunan sistem jemput pajak online cepat dan mudah yang berlokasi di warung kopi, “Sambil ngopi bisa bayar PKB”.

Pelaksanaan Diklat Kepemimpinan Admnistrator Angkatan I Tahun 2022 terdiri dari pembelajaran klasikal (on campus) di BPSDM Aceh, dan pembelajaran nonklasikal (off campus) di instansi masing-masing.

Saat mengikuti proses pembelajaran atau on campus, pejabat yang berwenang pada instansi asal peserta menugaskan Plh., untuk melaksanakan tugas jabatan dari peserta yang menjabat sebagai pejabat struktural. Ketika mengikuti proses pembelajaran aktualisasi kepemimpinan kinerja di instansi masing-masing, peserta melakukan tugasnya kembali sesuai jabatan yang diembannya.

“Alhamdulillah, penghargaan sebagai peserta dengan predikat terbaik I ini tercapai berkat dukungan dan motivasi dari mentor, Kepala BPKA Azhari, S.E., M.Si., dan coach Dra. Arfah Salwah, M.Si., serta Kapolres Lhokseumawe, Kasatlantas, dan seluruh pegawai pada Samsat Kota Lhokseumawe,” kata Chaidir, dalam keterangannya, Selasa, 20 Desember 2022.

Chaidir menambahkan penghargaan tersebut diperoleh berkat dukungan semua pihak untuk mengimplementasikan aksi perubahan layanan Samsat di warung kopi dengan cepat dan mudah (syarat tanpa dokumen fotokopi), dan dua sampai lima menit selesai dalam proses pembayaran PKB tahunan.

Chaidir, mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara dan para pengajar dari Widyaswara pada BPSDM dan LAN yang telah memberikan kesempatan untuk bisa belajar, dan memperdalam ilmu di pelatihan kepemimpinan administrator Pemerintah Aceh.

Adapun lima peserta terbaik yakni:

Peringkat I diberikan kepada Chaidir, S.E., M.M., dari Badan Pengelola Keuangan Aceh dengan judul aksi “Samsat Jempol Cedah” jemput pajak online cepat dan mudah.

Peringkat II diberikan kepada Meutia Juliana, S.S.T.P., M.Si., dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aceh dengan judul aksi “Sistem Informasi Perjalanan Dinas (Sioede) Berbasis Elektronik Informasi pada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aceh”.

Peringkat III diberikan kepada dr. Rauyani dari Biro Keistimewaan Aceh dan Kesra Setda Aceh dengan judul aksi “Advokasi dan Integrasi Program UKS//M/D Menuju Sekolah, Madrasah dan Dayah Sehat (Sigra Program UKS/M/D menuju Semadat) pada Biro Keistimewaan Aceh dan Kesra Setda Aceh”.

Peringkat IV diberikan kepada Maya Shabara, S.S.T., M.K.M., dari Rumah Sakit Ibu dan Anak dengan judul aksi “Pembangunan Sistem Informasi Alat Kesehatan (Simak) pada Rumah Sakit Ibu dan Anak”.

Peringkat V diberikan kepada Ikhlas, S.T., M.Sc., dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Aceh dengan judul aksi “Membangun Kinerja Sistem Informasi Pengelolaan Air Tanah (SIPAT) Berbasis Webform dan Geospasial”.[](rilis)

Baca juga: