Senin, Juli 15, 2024

Kapolres Aceh Utara AKBP...

LHOKSUKON - AKBP Nanang Indra Bakti, S.H., S.I.K., kini resmi mengemban jabatan Kapolres...

Temuan BPK Tahun 2023...

BLANGKEJERN - Badan Pemeriksa Keungan (BPK) Perwakilan Aceh menemukan kelebihan pembayaran pada anggaran...

Pj Bupati Aceh Utara...

ACEH UTARA - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menerbitkan surat keputusan (SK) tentang...

Kadispora Lhokseumawe Apresiasi Pejuang...

LHOKSEUMAWE - Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XVII Provinsi Aceh di Aceh Timur...
BerandaDarwin: Doto yang...

Darwin: Doto yang Masuk ICU Saja Lewat, Kenapa Saya Tidak?

TAKENGON – Bakal calon Wakil Bupati Bener Meriah, Darwin, SE, mempertayakan hasil tes uji kesehatan yang dikeluarkan tim medis Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (SRUZA) Banda Aceh. Ia menilai surat hasil tes kesehatan yang dikeluarkan RSUZA multitafsir, karena tanpa penjelasan rinci jenis penyakit dan akibat yang ditimbulkan.

“Doto (Zaini Abdullah-red) yang masuk ICU, lewat tes kesehatan, masak saya yang sehat tidak memenuhi syarat, ini rancu,” kata Darwin kepada portalsatu.com, Selasa, 4 Oktober 2016.

Darwin juga membenarkan telah mengajukan keberatan kepada KIP Bener Meriah terkait hasil uji tes kesehatan itu. Menurutnya waktu diminta konfirmasi, KIP hanya menjalankan tugas sesuai tahapan. Sementara yang melakukan tes adalah pihak medis.

Hal ini dibenarkan oleh Ketua Divisi Teknis Penyelenggara KIP Bener Meriah, Mukhtaruddin, beberapa waktu lalu. Dia mengatakan, hasil tes kesehatan kandidat sepenuhnya kewenangan tim medis RSUZA selaku rumah sakit yang ditunjuk pemerintah. Sementara hasil tes kesehatan bersifat pengecualian yang tidak dapat dipublikasi untuk publik.

Berdasarkan surat hasil uji kesehatan yang diperoleh, Darwin, SE, dinyatakan tidak memenuhi syarat kesehatan jasmani. Dalam surat yang ditandatangani Direktur RSUZA, dr. Fachrul Jamal tersebut mencantumkan, Darwin menderita Neurobehaviour.

Dalam laman Daniel Sadana–salah satu konsultan fisioterapi yang membuka praktik konsultasi secara gratis di Bogor– danielsadana-physiotherapist.m.webs.com, disebutkan, neurobehavior adalah hubungan antara fungsi otak dengan perilaku dan proses berpikir manusia.

Daniel menjelaskan bahwa neurobehavior terkait dengan pola perilaku hidup seseorang yang berhubungan dengan sistem neural (sistem saraf) seperti pola tidur, mood atau suasana hati, stress, nafsu makan dan kesadaran diri.

Menurutnya fungsi neurobehavior sangat vital bagi kehidupan manusia dewasa akhir, dewasa tengah, dewasa muda dan teristimewa bagi anak-anak.

“Neurobehavior sangat berperan terhadap pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental pada manusia,” tulisnya.[]

Baca juga: