BerandaBerita Gayo LuesFinal Pacuan Kuda, Stadion Buntul Nege Dipenuhi Penonton dari Berbagai Daerah

Final Pacuan Kuda, Stadion Buntul Nege Dipenuhi Penonton dari Berbagai Daerah

Populer

BLANGKEJEREN – Stadion Buntul Nege, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, dipenuhi penonton yang datang dari berbagai daerah. Selain warga lokal (Gayo Lues), warga Kabupaten Aceh Tenggah, Bener Meriah, Aceh Tenggara, Aceh Barat Daya, Aceh Timur, Langsa, Aceh Tamiang, dan wisatawan lainnya.

Irsan Firdaus, Kepala Dinas Pariwisata Gayo Lues didampingi Kabidnya Amdi, Ahad, 18 September 2022, mengatakan jumlah penonton final pacuan kuda tradisional Gayo Lues dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 RI berkisar 12 ribu orang. Hampir seluruh lapangan diisi penuh oleh orang-orang yang ingin menyaksikan lomba pacuan kuda.

“Membludaknya penonton pacuan kuda ini dipengaruhi beberapa faktor, salah satunya akibat selama dua tahun terakhir ditiadakan lomba pacuan kuda karena pandemi Covid-19. Ditambah lagi jalan lintas kabupaten antara Gayo Lues-Abdya sudah bagus, jalan Gayo Lues-Lokop Aceh Timur sudah mudah dilintasi, maka penonton dari berbagai kabupaten juga hadir di sini,” katanya di Stadion Buntul Nege.

Amdi menambahkan pacuan kuda tahun 2022 ini menjadi salah satu perlombaan yang banyak dikunjungi penonton, dan stadion tampak seperti lautan manusia.

“Mudah-mudahan ke depan bisa kita adakan lagi lomba pacuan kuda dengan mengundang dari berbagai kabupaten, sehingga event yang sudah turun temurun ini bisa menjadi berskala nasional,” katanya.

Anwar, Ketua Pordasi Gayo Lues, mengatakan lomba pacuan kuda terbukti banyak digemari masyarakat dataran tinggi Gayo. Event yang biasa digelar setahun dua kali ini menjadi ajang silaturahmi warga antarkabupaten.

“Biasanya lomba pacuan kuda tradisional kita adakan setahun dua kali, yaitu memeriahkan HUT Kabupaten dan memeriahkan HUT RI,” katanya.

[Kuda yang memenangkan lomba langsung diberikan hadiah di hadapan penonton. Foto: Anuar][]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya