Minggu, Juli 14, 2024

Tanggapan Ketua DPRK Aceh...

ACEH UTARA - Mendagri Tito Karnavian memperpanjang masa jabatan Pj. Bupati Aceh Utara...

Selamat! 2 Siswa Kota...

SUBULUSSALAM - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Pengembangan Talenta...

Besok, Mahyuzar akan Terima...

ACEH UTARA - Dr. Mahyuzar, M.Si., akan menerima Surat Keputusan (SK) Mendagri tentang...

Jabatan Pj Bupati Aceh...

ACEH UTARA - Masa jabatan Penjabat Bupati Aceh Utara, Dr. Mahyuzar, genap satu...
BerandaNews Mencari Subang...

[FOTO] Mencari Subang Gadeng di Pulo Aceh

Azhari, penduduk Gampong Seurapong, mengajak peserta Kemah Sastra Hamzah Fansuri, yang diikuti Alumnus Sekolah Hamzah Fansuri (ASHaF), mencari subang gadeng dan binatang karang sejenis di pantai Seurapong, Pulau Breueh, Pulo Aceh, Senin 22 Februari 2016. 

Selain melaut, menyelam, dan mengail untuk mencari ikan, penduduk di Pulo Aceh juga mencari binatang karang untuk lauk. Binatang karang sejenis subang gadeng atau pek batee (istilah Pidie) atau mata leumo (istilah Pulo Aceh) merupakan makanan lezat.

Yang menjadi masalah, untuk mendapatkan binatang-binatang kecil itu, orang harus berlajan kali sejauh beberapa kilo meter dengan mendaki dan menuruni bukit karang terjal. Bagi pengunjung, harus hati-hati, sedikit lengah di tebing itu, bisa saja orang terjatuh ke jurang batu besar yang bergerigi. Namun, penduduk di sana sudah terbiasa dengannya. 

Perjalanan ke Pulo Aceh ini merupakan agenda Kemah Sastra Hamzah Fansuri, 20-23 Februari 2016, diikuti anggota ASHaF (Alumnus Sekolah Hamzah Fansuri). 

PORTALSATU.COM/THAYEB LOH ANGEN

Baca juga: