Jumat, Juli 19, 2024

Ini Kata Camat Tanah...

ACEH UTARA - Pemerintah sedang melakukan pendataan bangunan yang rusak akibat diterjang badai...

JPU Tuntut Lima Terdakwa...

BANDA ACEH - Jaksa Penuntut Umum menuntut empat terdakwa perkara dugaan korupsi pada...

Abu Razak Temui Kapolda,...

BANDA ACEH – Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh H. Kamaruddin...

Diterjang Badai, Lapak Pedagang...

ACEH UTARA - Banyak lapak pedagang dan warung di sepanjang jalan Simpang Rangkaya,...
BerandaHadiri Pembukaan Kemah...

Hadiri Pembukaan Kemah Wisata di Simeulue, Ini Kata Kadisbudpar Aceh

SINABANG – Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Simeulue, Abdul Karim, menyambut kedatangan Kadisbudpar Aceh, Jamaluddin, di Aula Bandara Lasikin, Simeulue, Minggu, 14 Juli 2019, siang. Kedatangan Jamaluddin untuk menghadiri pembukaan Kemah Wisata Simeulue yang akan berlangsung pada Minggu malam ini. 

Kemah Wisata Simeulue merupakan even bertaraf internasional yang berlangsung tiga hari 14- 16 Juli 2019 di Pantai Alaik Sektare, Desa Lantik, Kecamatan Teupah Barat (dekat lapangan bola Salur). Even ini salah satu bentuk promosi destinasi wisata guna meningkatkan kunjungan para wisatawan dalam dan luar negeri ke pulau yang dikenal sebagai penghasil lobster dan cengkeh itu. 

Kemah Wisata tersebut akan menampilkan berbagai karya seni, budaya, kuliner khas Simeulue melalui pasar wisata, boot kuliner, festival seni budaya dan penampilan akustik. Pesertanya, tidak hanya dari kalangan lokal tetapi juga dari luar kabupaten kepulauan itu. 

Jamaluddin mengakui kedatangannya menghadiri even Kemah Wisata ini merupakan kunjungan pertama kali ke Kabupaten Simeuleu. Meski niatnya untuk mengunjungi Simeulue sudah sejak lama, namun terkabul setelah ia menduduki jabatan sebagai Kadisbudpar Aceh. 

Menurut Jamaluddin, wisatawan mancanegara semakin kagum dengan keindahan alam Simeulue. Hal itu dilihat dari banyaknya wisatawan yang menumpang satu pesawat dengannya dari Bandara Kualanamu, Medan, Sumatera Utara pada hari itu. 

“Minat wisatawan ke Simeulue semakin meningkat. Tadi penumpang pesawat yang saya tumpangi, mayoritas turis mancanegara. Sehingga promosi  destinasi wisata di Simeulue harus terus ditingkatkan,” kata Jamaluddin didampingi Kadisparbud Simeulue Abdul Karim.

Kemah Wisata yang berlangsung tiga hari mendatang di Simeuleu, merupakan salah satu langkah pemerintah melalui Disbudpar Aceh dan Disparbud Simeulue untuk terus mempromosikan wisata, budaya yang ada di kepulauan itu. Tahun depan, kembali akan diselenggerakan surfing internasional. 

Jamalauddin mengharapkan melalui Kemah Wisata yang digelar ini, masyarakat Simeulue dapat memanfaatkan momen itu untuk mempromosikan kerajinan, kuliner dan budaya yang dimiliki dan hasil alam

“Sehingga selain menjual destinasi alam laut yang indah, wisatawan juga dapat terus mengenang Simeulue dengan makanan khasnya, budayanya dan produk kerajinan yang membedakan dengan wilayah-wilayah lainnya di Indonesia,” ujar Jamaluddin.[](rilis)

Baca juga: