Minggu, Juni 23, 2024

Jelang Pilkada Subulussalam, Fajri...

SUBULUSSALAM - Komunikasi elit partai politik jelang Pilkada Subulussalam mulai terlihat intens. Terbaru,...

Jemaah Haji Aceh Dipulangkan...

BANDA ACEH – Jemaah Haji Debarkasi Aceh (BTJ) akan dipulangkan dari Arab Saudi...

Kapolsek Baru Bongkar Sabu...

LHOKSEUMAWE - Kapolsek Dewantara Ipda Fadhulillah bersama anggotanya berhasil menangkap pemuda berinisial MM...

Pilkada Subulussalam: Resmi Daftar...

SUBULUSSALAM - Bakal Calon Wali Kota Subulussalam, Fajri Munthe menyerahkan berkas pendaftaran sebagai...
BerandaNewsHaji Harun Keuchik...

Haji Harun Keuchik Leumiek Bangun Masjid Indah Bergaya Timur Tengah

BANDA ACEH – Masjid indah bergaya Timur Tengah yang dibangun oleh Kolektor Aceh H. Harun Keuchik Leumik bersama keluarga di Lamseupeung, Lueng Bata, Banda Aceh, diresmikan oleh Plt. Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah MT, Senin, 28 Januari 2019.

Nova menyatakan kekagumannya serta bangga pada Haji Harun Keuchik Leumiek atas usaha besarnya mendirikan sebuah masjid. Nova berpesan kepada pengusaha-pengusaha Aceh lainnya supaya ikut meniru langkah-langkah mulia yang telah diambil H. Harun dalam hal membangun masjid.

“Sebenarnya kami telah sangat lama menggantungkan keinginan kami untuk membangun sebuah masjid di tengah-tengah kampung Lamseupeung ini,” kata H. Harun kepada tamu hadirin.

Haji Harun mengatakan, pembangunan masjid itu pertama dimulai pada 10 Juli 2016, yang kala itu peletakan batu pertama dilakukan Imam besar Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Prof. Azman Ismail bersama Walikota Banda Aceh periode lalu, Illiza Sa'aduddin Djamal.

Masjid yang dibangun sepenuhnya (100%) memakai dana keluarga H. Keuchik Leumiek itu diberi nama  'Masjid Haji Keuchik Leumiek', dengan dimensi bangunannya seluas 34×22 meter persegi, yang dapat menampung 1000 jamaah, dibangun di atas tanah seluas lebih kurang 3500 meter di Kompleks Balai Pendidikan Haji Keuchik Leumiek.

Menurut Haji Harun, konstruksi permanen masjid itu dirancang oleh Heri dari Banda Aceh, dan konsultannya Akmal, S.T., dari Fakultas Teknik Unsyiah. 

“Bentuk Masjid Haji Keuchik Leumik ini terinspirasi dari bentuk-bentuk gaya masjid timur tengah dengan relif-relifnya yang bercorak dari perpaduan relif Masjid Al-Hambra, Maroko, Madinah, dan lain-lain. Sebagaimana fungsi masjid pada umumnya masjid ini juga akan difungsikan sebagai pusat keagamaan, pernikahan dan lainnya,” kata H. Harun.[]

Baca juga: