BerandaBerita LhokseumaweHarga Beras di Pasar Lhokseumawe Naik, Ini Kata Pedagang

Harga Beras di Pasar Lhokseumawe Naik, Ini Kata Pedagang

Populer

LHOKSEUMAWE – Harga beras di pasar dalam wilayah Kota Lhokseumawe bergerak naik lantaran stok salah satu bahan kebutuhan pokok itu berkurang.

Salah seorang pedagang di Pasar Inpres Lhokseumawe, Amad, kepada portalsatu.com, Jumat, 7 Juli 2023, mengatakan dalam dua bulan terakhir harga beras merangkak naik karena persediaan mulai menipis. Harga beras medium saat ini Rp175 ribu yang sebelumnya Rp155 ribu persak. Beras premium Rp185 ribu, sebelumnya Rp177 ribu/sak ukuran 15 Kg.

“Sebelum lebaran Iduladha kemarin sudah mengalami kenaikan. Stok yang kita peroleh adalah beras produk lokal, ada dari Bireuen, dan Pantonlabu (Aceh Utara). Selama ini dalam sehari rata-rata penjualan hanya sekitar 150 sak. Sebelumnya ketika harganya agak rendah sedikit, lebih banyak lagi terjual beras perhari,” kata Amad.

Amad menambahkan, “Saat ini tidak banyak barang. Paling tersedia jenis premium, tapi harganya tinggi. Kalau dulu ada bantuan stok beras dari Bulog, sekarang hanya bisa didapatkan dari lokal, namun harganya naik”.

Pedagang beras lainnya di Pasar Inpres Lhokseumawe, Rahmad, mengatakan harga beras medium paling murah Rp170 ribu persak, naik dibandingkan sebelumnya Rp155 ribu. “Beras premium bahkan ada yang Rp195 ribu/sak saat ini,” ucapnya.

Rahmad menyebut penyebab kenaikan harga beras karena minim produksi gabah di tingkat petani, sehingga stok beras di pasar berkurang.

“Di mana-mana sekarang tidak ada panen padi. Kami biasanya memperoleh barang lokal, dari Aceh Utara, Sigli, dan Banda Aceh atau Aceh Besar. Sebelumnya ketika kita ambil di pabrik-pabrik padi itu banyak stok, tapi sekarang memang tidak ada ketersediaan,” ujar Rahmad.

Rahmad melanjutkan, “Kalau dari Bulog ada bantuannya perpekan, ada yang premium dengan jumlah satu ton untuk kami. Tapi itu tidak terlalu membantu, terkadang satu hari sudah habis dan tidak bisa membendung harga juga”.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya