BerandaBerita Aceh BesarHUT ke-38 Jantho, Fraksi Partai Aceh Terbitkan Kumpulan Esai

HUT ke-38 Jantho, Fraksi Partai Aceh Terbitkan Kumpulan Esai

Populer

JANTHO – Fraksi Partai Aceh DPRK Aceh Besar menggagas konsolidasi gagasan untuk membangun masa depan kabupaten ini. Pemikiran dan pengalaman dari lebih 30 penulis disatukan dalam Kumpulan Esai “Ide & Pokok Untuk Masa Depan Aceh Besar” yang diterbitkan Fraksi PA pada momentum peringatan HUT ke-38 Kota Jantho.

“Jantho memiliki banyak peluang untuk maju. Namun, selama ini miskin gagasan dan pergolakan pemikiran. Partai Aceh sedang berupaya untuk membangun diskursus atas gagasan strategis dalam membangun masa depan Aceh Besar dan Aceh,” kata Juanda Djamal, Ketua Fraksi PA DPRK Aceh Besar usai sidang paripurna istimewa DPRK Aceh Besar, di Kota Jantho, Senin, 10 Mei 2022.

Juanda Djamal menyebut Aceh Besar adalah negeri yang luas dan kaya, sehingga butuh gagasan untuk mengelola dan mengembangkannya agar visioning pembangunan daerah ini ke arah kemajuan dapat tumbuh.

“Perdebatannya pada gagasan dan pemikiran, selanjutnya kita turunkan dalam bentuk kegiatan-kegiatan ekonomi, sosial budaya, dan mengefektifkan peran birokrasi dan politisi (politikus),” ujar Juanda Djamal.

Selama ini, kata Juanda, “kita selalu berkilah negeri kita luas sehingga tidak cukup anggaran untuk membangunnya. Namun, dalam pemikiran modern, lahan yang luas memberikan kita peluang yang besar untuk menjadi negeri yang makmur. Karena kita memiliki alat produksi untuk menghasilkan produk-produk yang dapat disuplai ke seantero negeri, sehingga pasar bisa kita pengaruhi, apalagi pergeseran ekonomi global saat ini ke kawasan kita”.

Aceh Besar diapit Selata Malaka dan Samudera Hindia, memiliki garis pantai terpanjang. “Namun, kita kurang ide untuk mengelolanya,” ucap Juanda.

“Makanya, langkah kita mengumpulkan gagasan dari intelektual Aceh Besar dan Aceh ini, bukan hanya sebatas mencetaknya menjadi buku. Namun, lebih jauh kita berpandangan sudah saatnya para intelektual berperan dalam membangun Aceh Besar ini. Kita sangat berterima kasih atas dedikasi penulis yang mencurahkan pemikiran dan pengalamannya dalam bentuk esai demi Aceh Besar yang maju dan makmur,” tambah dia.

Menurut Jaunda, Partai Aceh sebagai kesinambungan perjuangan politik Aceh memiliki kepentingan yang sangat besar atas keterlibatan intelektual ini. “Dan gagasan ini menjadi sebuah lompatan jauh ke depan bagi kemandirian dan kemakmuran Aceh. Kita mulai dari Aceh Besar,” ucapnya.

Muhajir Al-Fairusy, editor Kumpulan Esai “Ide & Pokok Untuk Masa Depan Aceh Besar” itu mengatakan ada lima perspektif yang diajukan oleh masing-masing penulis, yakni pendidikan, pembangunan, ekonomi, agama, dan kebudayaan.[](ril)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya