BerandaBerita SubulussalamIndahnya Pesona Namo Sampuren Bak Grand Canyon di Luar Negeri

Indahnya Pesona Namo Sampuren Bak Grand Canyon di Luar Negeri

Populer

SUBULUSSALAM – Terletak di Desa Penuntungan Kecamatan Penanggalan, destinasi ini menyimpan segudang keunikan yang disajikan untuk memanjakan pengunjungnya. Di apit dengan dinding-dinding alam yang indah menjulang tinggi dan dihiasi dengan pepohonan yang menghijau membuat destinasi ini punya sensasi tersendiri ketika berkunjung ke tempat ini.

Penunjung sedang mengayuh perahu kano di pemandian Namo Sampuren Pentuntungan, Kota Subulussalam. Foto. Dok: Disporapar

“Pesona wisata Namo Sampuren kaya Grand Canyon di Luar Negeri,” kata Zafian Novan salah satu pengunjung. Zafian mengaku kerap mengunjungi wisata pemandian ini karena sangat kagum dengan keindahan destinasi wisata yang satu ini.

Dilansir dari situs https.//id.m.wikipedia.org
Grand Canyon atau Ngarai Besar adalah sebuah lembah tebing-terjal (ngarai), terbentuk oleh Sungai Colorado, di utara Arizona. Ngarai ini merupakan satu dari Tujuh Keajaiban Dunia dan sebagian besar berada di Taman Nasional Grand Canyon; salah satu taman nasional pertama di Amerika Serikat.

Penampakan dari atas pengunjung sedang menikmati keindahan alam wisata pemandian Namo Sampuren dengan bermain perahu kano. Foto. Dok: Disporapar

Kembali ke Namo Sampuren, wisata ini terdiri dari sungai dan bebatuan yang sejuk, Namo Sampuren menjadi salah satu destinasi wisata unggulan masyarakat Kota Subulussalam yang dituju ketika berakhir pekan, bagaimana tidak?
debit air yang tidak deras membuat para pengunjung merasa aman ketika berenang mengarungi aliran sungai dari hulu hingga hilir menggunakan ban dalam.

Selain itu pengunjung juga bisa menggunakan perahu karet dan kano milik masyarakat atau pengunjung yang telah membawanya dari rumah, selain itu fasilitas berupa lokasi parkir, jajanan rakyat dipinggir sungai juga meramaikan aktivitas akhir pekan dengan menikmatinya.

Tak hanya itu fasilitas lain berupa spot santai dan spot foto pun ada dalam Namo Sampuren ini jadi untuk mengabadikan momen bersama orang tersayang bisa dikenang ketika telah berkunjung.

Objek wisata pemandian Namo Sampuren terlihat seperti kolam yang tenang dikelilingi benatuan yang tinggi mirip bak grand canyon di luar negeri. Foto. Dok: Disporapar

Plt Kepala Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Disporapar) melalui Kabid Pariwisata Zulkarnain, S.T di Subulussalam, Kamis, 18 Mei 2023 mengatakan Pemerintah Kota Subulussalam telah membangun prasarana infrastruktur bangunan sebagai tempat singgah atau duduk untuk pengunjung sehingga bisa bersantai di lokasi wisata tersebut.

Pemerintah melalui Disporapar juga bekerja sama dengan pemerintah desa dalam merawat dan menjaga keindahan wisata pemandian Namo Sampuren seperti penanaman pohon durian dan pohon matoa yang diprakarsasi oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Penuntungan baru-baru ini.

Wisata Pemandian Namo Sampuren di Kota Subulussalam juga menyuguhkan panorama air terjun yang sangat indah dikelilingi bebatuan dan pohon-pohon yang menghijau. Foto. Dok: Disporapar

Kini, wisata pemandian ini sangat populer di Bumi Syekh Hamzah Fansuri ini selalu ramai pengujung di hari-hari libur. Adapun penyebutan Namo Sampuren ini diambil dari bahasa daerah Namo itu artinya kolam yang tenang dan dalam. Sedangkan Sampuren itu artinya air terjun karena di hulu sungai ini terdapat air terjun yang sangat indah.(Disporapar)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya