Senin, Juli 22, 2024

Tokoh Masyarakat Kota Sigli...

SIGLI - Para tokoh masyarakat dari 15 gampong dalam Kecamatan Kota Sigli menyatakan...

Tim Polres Aceh Utara...

LHOKSUKON – Kapolres Aceh Utara AKBP Nanang Indra Bakti, S.H., S.I.K., bersama jajarannya...

Pasar Malam di Tanah...

SIGLI - Kegiatan hiburan Pasar Malam yang digelar di tanah wakaf Tgk. Dianjong,...

Tutup Dashat, Kepala DPMPPKB...

ACEH UTARA – Kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) yang dilaksanakan secara serentak...
BerandaIngin Lulus PTN,...

Ingin Lulus PTN, Calon Siswa Diimbau Ikut TPBI

LHOKSEUMAWE – Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara, menggelar Tes Potensi Bidang Ilmu (TPBI) untuk calon mahasiswa. Pendaftaran program ini bisa dilakukan secara online sejak 17 Oktober – 25 November 2016 melalui website https://penerimaan.spmb.or.id.

Rektor Unimal, Prof Apridar, menjelaskan tes ini diperlukan bagi siswa kelas 12, yang akan mendaftar di perguruan tinggi negeri. Sehingga, siswa mengetahui kemampuan dan bakatnya dibidang tertentu. Pada akhirnya, tidak ada lagi siswa yang memilih jurusan yang salah dan tak sesuai bakatnya.

“Siswa yang ikut TPBI ini memiliki nilai tambah. Kami akan memperioritaskan itu untuk lulus pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Pengalaman tahun lalu, mereka yang ikut TPBI umumnya lolos SNMPTN,” kata Prof Apridar, Selasa, 18 Oktober 2016.

Dia merincikan, pembayaran formulir dilakukan pada bank sejak 17 Oktober – 25 November 2016 khusus Unimal biaya pendaftaran Rp 300.000, cetak kartu ujian pada 17 Oktober-26 November 2016 dan ujian tulis akan dilakukan pada 27 November 2016.

Untuk tahun ini, tercatat hanya tujuh PTN yang menggelar TPBI yaitu Universitas Malikussaleh, Universitas Syah Kuala, Universitas Teuku Umar, Universitas Samudera (Aceh) Universitas Sumatera Utara (Medan), Universitas Andalas (Padang) dan Universitas Udayana (Bali).

“Para orang tua mungkin bisa mencoba melihat kemampuan anaknya melalui tes ini. Sehingga, ketika mendaftar di PTN nanti, sudah memilih jurusan yang tepat sesuai bakat dan kemampuannya,” ujarnya.[]

Baca juga: