BerandaBerita LhokseumaweIni Kata Khatib Shalat Idulfitri di Lapangan Jenderal Sudirman Lhokseumawe

Ini Kata Khatib Shalat Idulfitri di Lapangan Jenderal Sudirman Lhokseumawe

Populer

LHOKSEUMAWE – Dosen IAIN Lhokseumawe, Tgk. Ramadhan, tampil sebagai Khatib Shalat Idulfitri 1443 Hijriah di Lapangan Jenderal Sudirman Korem 011/LW, Lhokseumawe, Senin, 2 Mei 2022. Pria yang akrab disapa Tu Ramadhan itu mengatakan Hari Raya Idulfitri merupakan hari kemenangan umat Islam di seluruh dunia setelah berpuasa satu bulan lamanya.

“Hari Raya Idulfitri bagi umat Muslim adalah hari kebesaran, di mana saat merayakannya ada hakikat yang dituju, yaitu diri kembali pada fitrahnya dan kembali suci setelah mampu mengendalikan hawa nafsu melalui ibadah puasa di bulan Ramadan,” ujarnya.

Tu Ramadhan mengatakan adanya sebuah tuntunan bahwa umat Muslim berkewajiban meminta maaf kepada kedua orang tua, sanak saudara, dan saling bermaaf-maafan dengan orang-orang di sekitar. Sehingga pada Idulfitri ia akan mendapatkan kemenangan, kembali ke fitrah dan mensucikan dirinya.

Shalat Idulfitri di Lapangan Jenderal Sudirman Korem Lilawangsa diimami
Imam Rawatib Masjid Al-Fitrah Korem 011/LW Tgk. Firza Al-Furqan, diikuti ramai masyarakat Lhokseumawe.

Turut menjadi jemaah shalat Idulfitri di Lapangan Jenderal Sudirman itu Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Bayu Permana, Kasrem 011/LW Letkol Czi M. Ridha Has, Ketua Persit KCK Koorcab Rem 011 Ny Susi Permana, para prajurit TNI dan warga Korem.

Zakat Fitrah untuk 194 Duafa dan Fakir Miskin

Sehari sebelum, Ahad, 1 Mei 2022, Korem 011/Lilawangsa menyalurkan zakat fitrah sebanyak 2.486,9 Kg beras dan uang tunai Rp7,5 juta untuk 194 kaum duafa dan fakir miskin. Penyaluran zakat berlangsung di Masjid Alfitrah Korem 011/LW oleh personel TNI Bintal Korem 011/LW dan remaja masjid. Beras zakat fitrah ini dari para anggota TNI dan keluarganya.

“Zakat fitrah yang kita bagikan ini dari keluarga besar Korem 011/LW. Total sebanyak 2.486,9 kilogram beras dan uang tunai Rp7.500.000 disalurkan kepada warga kurang mampu yang berhak menerimanya oleh petugas zakat personel TNI Bintal Korem pada hari meugang kemarin,” kata Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Bayu Permana, Senin (2/5).

Danrem menambahkan penyaluran zakat fitrah merupakan agenda rutin yang dilakukan di Korem 011/Lilawangsa setiap tahunnya nenjelang Idulfitri.

“Jadi setiap tahunnya pada bulan Ramadan, personel Bintal Korem bersama remaja masjid mengumpulkan zakat dari prajurit dan kelurganya. Kemudian kita data berapa jumlah warga fakir miskin yang ada di sekitar Makorem. Dengan adanya kegiatan rutinitas seperti ini diharapkan bisa membantu meringankan beban masyarakat yang benar-benar kurang mampu menjelang lebaran Idulfitri,” tutur Danrem.[](ril)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya